Senin | 18 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Pastikan Cuci Bersih alpukat Sebelum Dipotong, Ini Alasannya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kulit buah alpukat memang tidak bisa dimakan tapi para ahli menyarankan untuk mencuci buah ini sebelum dipotong. Alasan utamanya agar tak terpapar bakteri.

Para pencinta buah alpukat harus lebih memperhatikan kebersihan buah ini sebelum menyantapnya. Salah satu caranya adalah dengan mencuci buah ini dengan air mengalir.

Loading...

Meskipun keras dan terlihat melindungi daging buah, ternyata kulit alpukat adalah sumber bakteri. Beberapa bakteri yang paling banyak ditemukan pada kulit alpukat yakni listeria dan salmonella.

FDA telah menguji dan menganalisis sampel buah alpukat sejak 2014. Dari 1.615 buah alpukat segar, lembaga yang membidangi makanan dan obat ini menemukan adanya paparan bakteri.

Bakteri yang menempel pada bagian kulit bisa saja berpindah ke dalam daging buah melalui proses pemotongan. Pisau yang melewati kulit lalu mengenai daging otomatis membuat daging buah terpapar bakteri.

Solusinya yakni dengan mencuci buah di bawah air mengalir. Pastikan seluruh permukaan buah terbilas dengan bersih. Jika kulit buah terlihat kotor, jangan ragu menyikatnya dengan sikat berbulu lembut.

Loading...

Setelah dicuci, buah bisa ditiriskan dan dikeringkan dengan kain bersih aatau tisu dapur. Langkah ini tidak hanya berlaku untuk jenis alpukat saja tetapi pada semua buah yang kulitnya bisa dikonsumsi maupun yang tidak.

Terpapar bakteri salmonnella dan listeria bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Gejala yang paling sering terjadi adalah diare, pusing hingga muntah. (***)

sumber: detik.com

Loading...
Loading...