Minggu | 20 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

Pemerintah Cina Datangi Kejari Batam Terkait 4 Warganya Divonis Mati

Minggu | 09 Desember 2018 | 22:10
jaringan narkoba internasional

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Pemerintah Cina melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Cina mendatangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam untuk mempertanyakan vonis mati terhadap warga negaranya, Jumat, 7 Desember 2018 siang lalu.

Perwakilan Cina yang datang untuk mempertanyakan empat warganya yang divonis mati yakni Chen Hui (42), Chen Yi (32), Chen Meisheng (68) dan Yao Yin Fa (63) adalah Sung Ang selaku Konjen, Wang Wenqing menjabat sebagai Konsul dan Rika penerjemah bahasa ( translator). Kedatangan mereka ini disambut oleh Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Batam, Filpan F. D Laia.

Natal Sederhana yang Sangat Menyentuh di SLBN Batam

“Mereka ingin tahu kronologis perkaranya. Mengapa warga negaranya divonis mati. Kami jelaskan seluruh kronologis perkara, hingga fakta persidangan yang ada,” kata Filpan.

Kehadiran Konjen Cina ini sempat dipertanyakan. Kenapa selama 5 bulan proses penanganan kasus ini pihak Pemerintah Cina tak pernah datang atau berkunjung ke Batam hingga proses peradilan selesai.

“Sempat kami tanyakan juga, kenapa selama 5 bulan proses penanganan perkara sudah selesai, kok baru datang. Jika mereka hadir akan tau dan melihat langsung proses persidangan. Itu kami sampaikan bahwa putusan mati dijatuhkan karena selain jumlah barang bukti yang banyak dan tidak ada hal lain yang bisa meringankan para terdakwa tersebut,” kata Filpan.

Pembunuh John Lennon Baca Buku sambil Nunggu Polisi

Setelah mendapat penjelasan, Konjen Cina tersebut mengerti dan mengaku sepakat untuk memberantas narkoba setelah terima penjelasan, dan kerjasama informasi setuju dengan vonis mati tersebut. Kedatangan Konjen Cina itu bukan mengintervensi penegakan hukum di Indonesia namun hanya untuk mendapat informasi lengkap terkait warganya.

“Mereka menyatakan sangat menghormati putusan hakim. Diakhir pertemuan kami menitip pesan kepada Pemerintah Cina agar segera menangkap DPO yang didapat dari hasil persidangan,” pinta Filpan.

Filpan menyampaikan kepada Konjen Cina, bahwa perkara Chen Hui (42), Chen Yi (32), Chen Meisheng (68) dan Yao Yin Fa (63) belum memiliki kekuatan hukum tetap sehingga masih ada upaya hukum yang bisa dilakukan.

Pemerintah Manfaatkan Berbagai Aplikasi untuk Membantu Tugas Kepemrintahan

“Kami sampaikan bahwa para terdakwa banding sehingga proses upaya hukum yang dilakukan kami serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Cina, apakah ikut membantu atau tidak. Makanya, informasi yang didapat ini nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Cina,” kata Filpan.

Anak Hilang’ Itu Lepas dari Pangkuan Pertiwi

Setelah pertemuan selesai, Konjen Cina tersebut bertolak ke Rutan untuk melihat para terdakwa. Mereka akan mendengar keterangan langsung dari para terdakwa untuk selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Cina. Pungkas Filpan. (eddy)

Editor :