Senin | 23 November 2020 |
×

Pencarian

RILIS

Rumah Zakat Kirimkan Relawan dan Bantuan untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Tsunami selat sunda

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bandung – Senin, 24 Desember 2018, gelombang tsunami menerjang pesisir Banten bagian barat dan sebagian wilayah di Lampung Selatan. Tsunami berasal dari perairan Selat Sunda yang diapit Pulau Jawa dan Sumatera.

Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga, Senin, 24 Desember 2018 pukul 07.00 WIB, tercatat 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi. Kerusakan fisik meliputi 611 unit rumah rusak, 69 unit hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu-kapal rusak. Sementara itu lokasi paling terdampak adalah Pesisir Lampung Selatan, Pantai Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, Penimbang dan Carita.

Loading...

Merespon kejadian bencana ini, Rumah Zakat sebagai salah satu lembaga kemanusiaan segera menerjunkan relawan dan mengirimkan bantuan sejak hari pertama bencana terjadi.

“Hari kedua pasca kejadian, kami telah mengirimkan 40 orang relawan, melakukan evakuasi korban, assessment kebutuhan warga terdampak, menyiapkan bantuan logistik, tim medis, dan armada ambulans,” jelas Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat.

Rumah Zakat memiliki program penanggulangan bencana yang terdiri dari tiga fase yaitu tanggap darurat, rehabilitasi dan rekontruksi serta pemberdayaan berkelanjutan.

“Saat ini di masa tanggap darurat langkah – langkah yang diupayakan tentu sesuai dengan kondisi di lapangan yang dibutuhkan, sebagai contoh saat ini kondisi wilayah terdampak tsunami yang berada di lampung, pandeglang dan serang masih membutuhkan evakuasi dan tim medis,” tambah Murni.

Loading...

Murni menambahkan di lapangan masih banyak kondisi korban baik yang masih tertimbun reruntuhan rumah/bangunan sehingga saat ini ambulance sangat di butuhkan untuk proses evakuasi.

“Selain ambulance, yang juga saat ini dibutuhkan adalah kebutuhan bagi warga mengungsi. Saat ini Rumah Zakat mulai menyiapkan dapur umum, dan pemenuhan kebutuhan logistik seperti alas tidur, selimut, kebutuhan bayi,” pungkas Murni.

Rumah Zakat membuka posko utama di lokasi bencana yaitu di Masjid Nurul Hidayah Jl. Raya Labuan – Tanjung Lesung. Kp. Tarogong Ds. Margadana Kec. Pagelaran Banten dan Pos Kemanusian Tsunami Lampung Selatan di Way Muli Timur Kec. Rajabasa Lampung Selatan. (***)

Loading...
Loading...