Sabtu | 13 Agustus 2022 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Skandal Watergate, Kekuatan Investigasi Media hingga Mundurnya Presiden

the washington post

MEDIAKEPRI.CO.ID – Ingat skandal watergate? Hal ini memegang peranan penting terhadap mundurnya Richard Nixon dari kursi kepresidenan. Yang membuka ke ruang publik adalah Washington Post.

Washington Post adalah surat kabar terbesar dan tertua yang didirikan 6 Desember tahun 1877 di Washington, D.C., Amerika Serikat. Salah satu peristiwa paling terkenal dalam sejarah harian ini terjadi pada awal 1970-an, saat jurnalis Bob Woodward dan Carl Bernstein memulai investigasi media terhadap Watergate.

BACA JUGA

Geopark Natuna Menuju UNESCO Global Geopark

Musik Indonesia Diwarnai Ide-ide Gila Kreatif

Pelajaran Hidup Lainnya pada Tiap Kayuhan

Robert Upshur “Bob” Woodward, kelahiran 26 Maret 1943 itu adalah seorang jurnalis terkenal dari Amerika Serikat. Dan ia sangat berjasa besar dalam mengungkap skandal Watergate yang melibatkan Presiden Richard Nixon. Bob saat itu bekerja sebagai reporter di harian The Washington Post. Dia telah sukses menulis belas buku non-fiksi dan meraih dua kali Hadiah Pulitzer.

Skandal Watergate (1972-1974) atau disebut langsung Watergate adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian skandal politik di Amerika Serikat yang mengakibatkan pengunduran diri Presiden Richard Nixon. Dan kemundurannya ini mengakibatkan krisis konstitusi yang menghebohkan pada tahun 1970-an. Peristiwa ini dinamakan menurut nama sebuah hotel di Washington, D.C. tempat di mana skandal tersebut terjadi. Hotel ini merupakan bagian dari kesatuan properti yang terdiri dari berbagai kantor, hotel, dan apartemen.

Pandangan ‘Kalam’ Sutardji Tahun Lalu Tentang Daik Lingga

Tembakan Lee Harvey Oswald Tewaskan John F Kennedy

Ziarah ke Makam Pahlawan, Gabriel Lema: Tanda Kesetiaan

Kapolda Kepri Ajak Kobarkan Semangat Pahlawan Didada

Peristiwa tersebut dimulai dengan penangkapan lima laki-laki yang berusaha membobol masuk ke kompleks perkantoran Komite Nasional Demokrat untuk memasang alat penyadap. Insiden yang terjadi pada masa kampanye tersebut, setelah diselidiki dan ternyata dilakukan oleh kelompok pendukung Nixon, Komite untuk Pemilihan Kembali Presiden.

Pada bulan Januari 1973 dua pencuri dan dua orang lain divonis bersalah, namun John Sirica sebagai hakim pemimpin sidang, menduga adanya konspirasi politik di balik kegiatan tersebut. Senat Amerika Serikat kemudian meluncurkan komite untuk melakukan penyidikan lebih lanjut dan akhirnya menemukan hasil bahwa hal tersebut merupakan konspirasi praktik Partai Republik untuk merugikan Partai Demokrat.

Presiden Nixon kemudian meluncurkan catatan pembicaraan yang direkam berkaitan dengan masalah watergate pada April 1974. Mahkamah Agung kemudian memerintahkan presiden Nixon untuk menyerahkan semua rekaman tersebut. Setelah itu, komite yang dibentuk oleh kongres mengeluarkan impeachment atau tuntutan untuk berhenti terhadap presiden. Presiden Nixon kemudian mengeluarkan pernyataan dan mengakui bahwa dirinya mengetahui adanya upaya untuk menutup-nutupi tidak lama setelah peristiwa Watergate dan bahwa dia mencoba menghentikan penyelidikan FBI. Pada 8 Agustus 1974, Presiden Nixon akhirnya mengundurkan diri.

Dalam peristiwa ini juga terbongkar fakta mengenai korupsi Partai Republik dalam pengumpulan dana pemilihan, daftar rahasia di Gedung Putih dari lawan-lawan politiknya melalui penyadapan telepon, fitnah yang disebarkan terhadap calon-calon Presiden dari Partai Demokrat, dan fakta-fakta lainnya. (wikipedia.org.id)