Senin | 18 November 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Natuna

HEADLINE

Sukses Lobi Pusat, Natuna Dapat Dua Kapal Perkuat Transportasi Laut 

Jumat | 07 Desember 2018 | 0:02
kapal angkutan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Belum genap 1 tahun, Natuna mendapatkan hibah kapal pelayaran rakyat (Pelra) KM. Banawa Nusantara 5, dari Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut.

Tepatnya pada bulan april 2018 lalu, kapal bertonase 30GT tersebut, diterima Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, dalam acara penandatanganan naskah perjanjian dan berita acara serah terima hibah, di Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Loading...

Kini kabar baik kembali terdengar, Dinas Perhubungan Natuna, sukses melobi pusat. Usulan menambah kapal Pelra untuk menjalin konektivitas antar pulau dan kecamatan di Natuna, direalisasikan Dirjen Perhubungan Laut, dengan memberikan kabupaten terdepan Indonesia ini 2 kapal Pelra lagi.

BACA JUGA

Sinergitas dan Soliditas Milik Seluruh Komponen Bangsa Natuna

Semangat Goro TMMD Bangun Jalan di Pulau Tiga Natuna

Loading...

Fasilitas Pangkalan Militer di Natuna Kepulauan Riau Segera Diresmikan

“Akhir tahun ini, kita akan dihibahkan 2 kapal pelra lagi. Jenis dan tonasenya, sama seperti KM Banawa Nusantara 5,” ujar Iskandar DJ, Kadis Perhubungan Kabupaten Natuna di ruang kerjanya, Kamis, 6 Desember 2018  pagi.

Dengan hadirnya 2 kapal pelra lagi di Natuna, menurut Iskandar, konektivitas antar kecamatan di Natuna akan semakin lancar.

“Nanti KM Banawa 5 kita serahkan ke Desa Seluan, Kecamatan Bunguran Utara, sementara untuk 2 kapal yang akan datang nanti, rencananya kita akan berikan ke Subi dan Serasan. Kalau tak berhalangan dan cuaca bagus, kapal tiba akhir desember,” terangnya.

‘Rahim’ FSIGB Lahirkan Penyair Perempuan Indonesia

Kolonel Ariful Lepas Kontingen FKPPI Kepri ke Jambore Nasional

Dua Putra Lingga Terpilih Wakili Kepri di Kejurnas Atletik

Lebih lanjut, Iskandar juga menjelaskan, operasional kapal bantuan tersebut, sepenuhnya akan ditanggung oleh pihak desa penerima kapal, melalui Badan Usaha Milik Desa. Selain bantuan kapal pelayaran rakyat, kementerian perhubungan, juga akan membantu wilayah-wilayah terdepan NKRI dengan pelayaran kapal roll off roll on (roro).

Dikatakan Iskandar, untuk Natuna pelabuhan roro telah siap, kini tinggal menunggu kapal roro yang direncanakan akan berlayar ke natuna segera diluncurkan.

“Kalau pelabuhan kita udah siap, kabarnya Dirjen Perhubungan Darat, akan membuat kapal roro yang didesain khusus untuk berlayar ke Natuna dan daerah lain yang memiliki kondisi laut seperti di sini. Di tahun 2019, mereka akan mulai pengerjaannya,” ujar Kadishub Iskandar.

Meski telah berhasil mencuri perhatian pusat untuk Natuna, Iskandar tak pernah puas dengan capaiannya tersebut. Selain kapal pelra, dinasnya juga sedang mengusulkan pembangunan pelabuhan Selat Lampa dan pelabuhan samudra Teluk Buton.

“Namun yang prioritas pelabuhan Selat Lampa dulu, karena di sana jadi pintu masuk ke Natuna. Kami masih mendorong itu, ” kata Iskandar. (alfian)

Editor :

Loading...
Loading...

Sorry. No data so far.