Kamis | 03 Desember 2020 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Peduli Lingkungan, Gunakan Sedotan dari Bahan Ini

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Sudah menjadi hal yang wajar bagi kita jika minum selalu menggunakan sedotan plastik, dimana pun kapan pun kita membutuhkan sedotan plastik untuk minum.

Kurangnya kesadaran masyarakat bahwa sampah sedotan plastik menjadi salah satu faktor yang merugikan lingkungan kita, meskipun ukurannya yang kecil tetapi sangat besar dampaknya untuk kemudian hari, masyarakat juga masih menganggap bahwa sedotan plastik tidak terlalu mencemarkan lingkungan karena masih banyak sampah plastik lain yang ukurannya lebih besar yang lebih membahayakan lingkungan.

Loading...

Meskipun sudah trendy saat ini gerakan mengurangi sedotan plastik tetapi tingkat kepedulian masyarakat terhadap sampah sedotan plastik pun masih sangat minim.

Menurut data yang dinalisa oleh Divers Clean Action, perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia setiap harinya mencapai 93.244.847 batang. Sedotan-sedotan tersebut datang dari restoran, minuman kemasan, dan sumber lainnya (packed straw).

Jumlah sedotan sebanyak itu jika direntangkan akan mencapai jarak 16.784 km, atau sama dengan dengan jarak yang ditempuh dari Jakarta ke kota Meksiko.

Dihitung per minggu, pemakaian sedotan akan mencapai 117.449 km, atau hampir tiga kali keliling bumi. Jarak satu keliling Bumi adalah 40.075 km.

Loading...

Sedotaan plastik menjadi peringkat lima besar di dunia. Maka dari itu lakukan perubahan untuk menjaga lingkungan serta makhluk hidup di bumi, mari beralih dengan memakai sedotan yang ramah lingkungan .

  1. Sedotan Kertas

Sedotan kertas ini sudah banyak yang memakainya bahkan sudah popular di berbagai negara. Selain mudah terurai, desain sedotan kertas lebih keren dibandingkan dengan sedotan plastik dan cocok digunakan untuk berbagai minuman. Tetapi sedotan ini tidak bisa dipakai terlalu lama, meskipun berbahan tahan air jika terendam lama akan rusak, umunya sedotan kertas hanya dipakai sekali

  1. Sedotan Stainless Steel

Sedotan stainless steel atau disebut juga metal straw bisa digunakan berkali-kali , sedotan ini sedang menjadi populer karena banyak berbagai warna. Sedotan ini juga memiliki bentuk lurus dan ada yang bengkok, tak perlu khawatir ukuran sedotan ini juga tersedia ukuran besar untuk minum bertopping bubble.

Keuntungan dari sedotan logam ini sangat bermanfaat karena tidak melunturkan BPA (Bisphenol A) ke dalam minuman yang kita minum. Sangat aman bukan?

Walaupun begitu jangan lupa untuk membersihkan sedotannya yang rajin ya dengan sikat yang khusus, umumnya semua sepaket dengan sedotan reusablenya.

  1. Sedotan Kaca

Sudah pasti terbuat dari kaca ya, keuntungannya sedotan kaca pada umumnya bebas dari bahan kimia industri yang sering digunakan dalam produk plastik dan resin. Kamu bisa melihat minumanmu bersih saat meminumnya. Tetapi hati-hati ya jika menggunakan sedotan ini karena bisa pecah.

  1. Sedotan Bambu

Berbeda dengan sedotan lainnya sedotan bambu ini lebih ramah lingkungan, aroma yang ditimbulkan oleh sedotan ini sangat khas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya . Sedotan ini ringan dan kuat terbebas dari bahan kimia manapun , mudah dibersihkan seingga bisa dipakai berulang kali. Selain menarik perhatian masyarakat, sedotan ini juga mudah terurai.

  1. Sedotan Silikon

Sedotan silikon bebas dari BPA, Silikon juga berbentuk fleksibel, lunak, dan lentur. silikon cukup lunak untuk digigit, biasanya sedotan ini digunakan untuk anak-anak karena aman dapat dikunyah dan sangat mudah dibersihkan.

Berbeda dengan sedotan plastik, Silikon tidak melakukan panas seperti plastik, sehingga tidak cepat menjadi terlalu panas atau dingin ketika terkena variasi suhu. Silikon sangat tahan panas, aman untuk pembekuan, microwave, dan mesin pencuci piring tanpa retak atau meleleh.

  1. Pouch atau tempat simpan sedotan sustainable

Jangan lupa jika sudah memiliki sedotan reusable seperti diatas kalian harus memiliki tempat untuk menyimpan sedotan agar tetap bersih dan terhindar dari kotor sehingga tetap steril saat kalian menggunakannya. Pouch atau tempat simpan sedotan juga membuat kalian lebih simple membawa sedotan plus sikatnya kemana-mana.

Sudah tersedia dan mudah ditemukan ya pengganti sedotan plastik tinggal kalian pilih saja mau mengganti sedotan disposable kalian dengan sedotan reusable yang mana. Jika kita memakai salah satu sedotan reusable diatas, kita dapat menjadi contoh yang baik untuk orang lain dan melakukan perubahan.

Mulai biasakan diri dengan tidak menggunakan sedotan plastik, cara yang paling simple adalah saat kalian pergi ke restoran beranikan diri untuk meminta tidak menggunakan sedotan plastik saat minum, dengan berbicara yang baik kepada pelayan dan memintanya untuk menyimpan sedotan plastik untuk minuman tertentu saja.

Siapapun kita berapapun usia kita sudah seharusnya kita menjaga dan melindungi lingkungan kita karena akan berdampak buruk ke kita juga sebagai salah satu penghuni bumi ini. Kalau bukan kita siapa lagi. (***)

sumber: galamedianews.com

Loading...
Loading...