Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Di Balik Bantal Ada Tungau? Ini Cara Mengatasinya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bantal merupakan salah satu hal yang lekat dengan keseharian kita namun masih banyak dikesampingkan efeknya. Salah satu hal yang kurang diperhatikan adalah kebersihan bantal yang tiap malam kita gunakan untuk tidur

Banyak orang yang malas mengganti atau membersihkan bantal mereka secara teratur. Padahal, di dalam bantal ini bisa jadi terkandung sejumlah bakteri dan parasit yang membahayakan kesehatan.

Loading...

Koramil Juwana, Wujudkan Lingkungan Bersih, Sehat dan Cegah Bahaya Banjir

Penggunaan bantal ini setiap hari bisa membuatnya menyerap kotoran, minyak dan juga sel kulit mati dari tubuh dan wajah kamu. Jika dibiarkan terlalu mereka akan menumpuk dan memunculkan tungau debu.

Jumlah tungau debu yang kian hari makin banyak di bantal kamu dapat menyebabkan masalah yang serius. Hal ini dapat memunculkan reaksi tak menyenangkan pada orang yang alergi terhadap bakteri.

“Kembalilah dengan Tenang” Satu-satunya Film Pendek Indonesia yang Lolos Seleksi Kompetisi Internasional

Loading...

Seorang pakar kesehatan dari Kansas City Allergy and Asthma Associates mengatakan sekitar 66 persen orang memiliki kemungkinan mengembangkan alergi pada tungau debu yang hidup di dalam ruangan. Berbeda dengan alergi pada bulu kucing atau hewan lainnya, protein yang memicu reaksi tungau debu tak berasal dari udara.

Gejala awal alergi debu tungau biasanya terjadi pada pagi hari, saat kamu mengawali hari. Bagi kamu yang juga mengalami alergi berkepanjangan, bisa jadi kamu juga mengalami alergi debu tungau ini.

“Kembalilah dengan Tenang” Satu-satunya Film Pendek Indonesia yang Lolos Seleksi Kompetisi Internasional

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan bantal tidur yang tepat?

Para ahli menyarankan untuk mengganti sarung bantal kamu setidaknya tiga minggu sekali. Sedangkan untuk bantalnya sendiri, sebaiknya diganti sekitar tiga bulan sekali.

Tetapi, kondisi ini tak mutlak, tergantung bagaimana kamu menjaga kebersihan bantal kamu. Jika kamu rajin membersihkan dan menjemur bantal, kamu bisa menggantinya dalam jangka waktu enam bulan sekali.

Kamar Hotel Terkunci dari Dalam, Tapi Pasangan Sejoli Ini Ditemukan Tewas Berlumuran Darah, Bunuh Dirikah?

Mengingat berbagai masalah kesehatan yang mengincar dari kebersihan bantalmu, sebaiknya hal ini lebih kamu perhatikan lagi. Membersihkan atau mengganti bantal secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya masalah lebih banyak. (***)

sumber: merdeka.com

Loading...
Loading...