Senin | 23 September 2019 |
pemkab lingga
×

Pencarian

LINGGA

Sarasehan Antar Etnis Kabupaten Lingga 2019, yang Bertempat di Balai Pertemuan Itu Dihadiri Wabub Muhammad Nizar

Rabu | 16 Januari 2019 | 18:45

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar mengahadiri kegiatan sarasehan antar etnis Kabupaten Lingga tahun 2019 di Balai Pertemuan Kecamatan Lingga Timur, Rabu, 16 januari 2019.

Kegiatan sarasehan yang mengangkat tema “Antisipasi Pencegahan ATHG Menjelang Pileg dan Pilpres di Kabupaten Lingga” ini diselenggarakan oleh Kesbangpol Kabupaten Lingga. Moderator, Armia Spd.MM Plt Ka Kesbangpol Linmas Kabupaten Lingga. Selain itu juga turut dihadiri, Wabup Lingga, M. Nizar, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Kepri, Herman, Ketua LAM, Camat Lingga Timur beserta staf, Kades se Lingga Timur, BPD se Lingga Timur, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se Kecamatan Lingga Timur.

Pada kegiatan tersebut, Wabup Lingga, Muhammad Nizar berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin silaturrahmi antar etnis, agama ataupun suku bangsa dalam menghadapi Pileg ataupun Pilpres dengan damai dan tentram.

“Walau kita berbeda pandangan, berbeda pilihan, namun hendaknya kita tetap bisa menjaga persatuan dan kesatuan kita sebagai warga negara Indonesia ini,” ujar Nizar dalam sambutannya.

Usai sambutan Wabup Lingga, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Kepri, Herman menyampaikan Kesbangpol Provinsi Kepri juga menghimbau supaya masyarakat bersatu padu untuk menghadapi tahun politik ini dengan damai dan tentram.

“Kita wajib memberikan hak suara kita sesuai hati nurani dan jangan sampai golput. Karena satu suara kita sangat berguna untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Kesbangpol Provinsi Kepri juga mengharapkan kepada PNS, Polri dan TNI agar berlaku netral dalam menghadapi pileg dan pilpres ini. Supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, karena memang sudah ada Undang Undang yang mengaturnya.

“Demi mensukseskan Pemilu, kita harus antisipasi segala wahana politik agar terhindar dari segala hasutan yang tidak baik agar terhindar dari perpecah belahan antar sesama,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga Dato’ lr. Muhammad Ishak MM yang menjabat sebagai Kadis Kebudayaan dan sekaligus menjabat sebagai Ketua LAM Kabupaten Lingga yang juga narasumber pada kegiatan ini menyampaikan Lembaga Adat Melayu sangat mendukung peraturan dan Undang Undang yang berlaku dan memayungi persatuan dan kesatuan adat istiadat yang berlaku di bunda tanah Melayu ini.

Menurutnya, Melayu itu adalah sebuah bangsa yang sangat menghormati kebersamaan karena pernah berjaya pada zaman Kerajaan Riau Lingga dulu. Makanya Lingga terkenal dengan julukan bunda tanah Melayu. Karena bahasa Indonesia juga bermula dari bahasa Melayu yang sebagai mana diketahui sebagai bahasa pemersatu NKRI ini yaitu bahasa Indonesia.

“LAM itu adalah penggerak utama untuk memersatukan kedaulatan persatuan dan kesatuan suku bangsa di negeri ini. Pemimpin itu ditinggikan seranting dan dimajukan selangkah,” ucapnya.

Pada kegiatan itu juga terdapat beberapa usulan dan pendapat dari kepala desa tokoh masyarakat dan tokoh pemuda guna mencari solusi tentang masalah dan polemik yang terjadi di desa pada khususnya dan di Kecamatan Lingga Timur pada umumnya dalam dialog antara peserta dan narasumber yang hadir pada acara tersebut.

Usulan dan pendapat dari masyarakat itu juga dijawab langsung oleh Wakil Bupati, Kesbangpol, dan LAM sesuai keluhan masing masing peserta. Sehingga manjadi suatu solusi dan jawaban untuk disampaikan kepada lapisan masyarakat di desa masing masing.

Di sela sela dialog tersebut, Kades Kerandin, Sulaiman mempertanyakan tentang keberlanjutan pembangunan jalan poros Lintas Timur yang kemudian dijawab langsung oleh Kadis PU Provinsi Kepri melalui sambungan telepon dengan Wakil Bupati Lingga.

“Jalan Lintas Timur sedang dalam proses pelelangan dan InsyaAllah akan kita selesaikan di tahun ini. Kemudian kita juga akan melanjutkan pembangunan jalan kudung – belungkur juga di tahun ini. Sama samalah kita berdo’a supaya semuanya lancar sesuai dengan keinginan kita semua,” kata Abu Bakar melalui telpon selulernya dengan Wakil Bupati Lingga, Nizar yang disambut tepukan tangan dari seluruh peserta undangan. (bran/mkc)

Editor :