Selasa | 01 Desember 2020 |
×

Pencarian

NATUNA

Wan Sofian Apresiasi Peningkatan Mutu Kesehatan di Pulau-Pulau Terluar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Kesehatan sebagai kebutuhan dasar Manusia, menjadi salah satu perhatian bagi pemerintahan. Karenanya di tingkat global, kebijakan di bidang kesehatan menjadi perhatian utama, terutama oleh PBB.

Penerapan kebijakan kesehatan ditunjukan dalam berbagai hal, Mulai dari penyiapan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan dan yang paling utama adalah soal anggaran.

Loading...
Wan Sofian saat kunjungan ke RSUD Natuna

Rencana Pemerintah Pusat dalam meningkatkan mutu dan pelayanan kesehatan bagi wilayah Kabupaten Natuna, di apresiasi oleh berbagai pihak.

Hal ini dikarenakan kebutuhan akan kesehatan yang layak dan bermutu sudah sejak lama di dambakan oleh masyarakat di pulau-pulau terluar yang ada di Natuna.

Peningkatan pelayanan kesehatan itu dilaksanakan melalui pembangunan Puskesmas di tiga kecamatan terluar yaitu di Kecamatan Serasan, Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Midai.

Puskesmas Subi saat diresmikan Bupati Natuna

“Kita sangat bersyukur dengan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Natuna. Salah satunya dengan adanya pembangunan Puskesmas di tiga kecamatan diwilayah terluar perbatasan,” Kata Ketua Komisi I DPRD Natuna Wan Sopian di kantornya, Jumat, 25 Januari 2019.

Loading...

Dengan adanya pembangunan puskesmas di setiap kecamatan menjadi akses terdekat bagi masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Jadi masyarakat sekarang tidak perlu khawatir dan bingung kemana bila sanak saudara mereka ada yang sakit, semua bisa di tangani terlebih dahulu di Puskesmas.

“Kalau dahulu, masyarakat merasa bingung  membawa kemana kerabatnya yang sakit, karena hanya ada Pustu dengan sarana dan prasarana yang kurang, dan terpaksa harus membawanya ke RSUD Natuna. Tapi dengan adanya pembangunan Puskesmas masyarakat tidak perlu merasa khawatir,” ungkapnya.

Wan Sopian berharap agar pembangunan puskesmas itu di imbangi dengan kelengkapan sarana dan prasarana mendukung serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. “Mudah-mudahan saja pembangunan puskesmas ini, bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,”tandasnya.

Puskesmas Pulau Laut

Sementara Kabid Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan pembangunan itu dilaksanakan melalui program DAK Afirmasi. Program ini khusus menyentuh layanan kesehatan masyarakat di perbatasan.

Puskemas yang baru ini dibangun di lokasi yang berbeda. Puskesmas lama berada di Kelurahan Air Raya, Kecamatan Serasan dan yang baru akan dibangun di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan. Kemudian di kecamatan Pulau Tiga dan di Kecamatan Midai.

“Ya betul. Anggarannya sebesar Rp. 5,7 miliar per Puskesmas dari DAK Afirmasi. Pembangunan Puskesmas diantaranya di Serasan, Pulau Tiga dan Midai,” kata Hikmat. (alfian)

Loading...
Loading...