Kamis | 03 Desember 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Wow!!!BPPRD Batam Terbitkan 380 SPPT-PBB

Batam

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam terbitkan 380 ribu surat pemberitahuan pajak terutang pajak bumi dan bangunan (SPPT-PBB) di 2019. SPPT ini akan didistribusikan bulan ini.

“Bulan ini kita distribusikan ke camat dan lurah. Nanti akan diteruskan ke RT untuk disampaikan ke wajib pajak,” kata Kepala BPPRD Batam, Raja Azmansyah, Kamis, 24 Januari 2019.

Loading...

Azman mengatakan, saat ini proses yang sedang berlangsung adalah cetak massal. Dan satu kecamatan yang sudah selesai cetak, yaitu Batam Kota.

“Sekarang lagi disortir. Nanti sudah per RT. Jadi ketika diberikan, RT tinggal membagikannya ke warga,” kata Azman.

Selain menunggu SPPT tercetak, lanjut Azman, wajib pajak juga bisa mencetak sendiri SPPT PBB-nya. Cukup dengan mengakses https://esppt.batam.go.id/, wajib pajak sudah bisa mengunduh dan mencetak sendiri.

“Tinggal masukkan NOP (nomor objek pajak), lalu print (cetak) sendiri. Dan bawa ke bank untuk bayar. Pembayaran bisa di Bank Riau Kepri, BJB, BTN, BRI,” ungkapnya.

Loading...

Sementara kegiatan Bulan Panutan PBB yang sempat vakum beberapa tahun belakangan ini, kata Azman, akan kembali digelar pada bulan Februari. Sekaligus mengajak masyarakat untuk kembali aktifkan jalankan kewajibannya membayar pajak.

Dikatakan Azman, Tahun 2019 Pemerintah Kota Batam menargetkan perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor PBB pedesaan perkotaan (PBB-P2) sebesar Rp 168 miliar. Target ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pada 2018 target PBB-P2 yakni Rp 158,583 miliar dan tahun sebelumnya Rp 131,579 miliar.

Kenaikan juga terjadi pada realisasi PBB-P2. Realisasi PBB-P2 pada 2018 tercatat sebanyak Rp 154,966 miliar atau 97,72 persen target. Angka ini meningkat dibanding 2017, terealisasi Rp 116,498 miliar atau 88,54 persen dari target.(mcb)

Loading...
Loading...