Rabu | 23 Oktober 2019 |
×

Pencarian

BINTAN

Komisi II DPRD Kepri Tinjau Aktivitas Kerambah di Kabupaten Bintan

Selasa | 26 Februari 2019 | 20:21
anggota dprd kepri

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bintan – Beberapa anggota Komisi II DPRD Provinsi Kepri melakukan peninjauan ke kerambah aktif dan pasif Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepri, di Desa Penage, Kabupaten Bintan, baru-baru ini. 

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Riau, tersebut, yakni;  Tawarich, Asmin Patros, M Hum, dan Rudy Chua. 
Kerambah yang berada di Desa Penage, Kabupaten Bintan, memiliki hampir 16 kolam kerambah modern yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri melalui dana DAK.

Selain kerambah modern, di Desa Penage ini juga terdapat kerambah tradisional yang jumlahnya diperkirakan sebanyak 10 kerambah. Kerambah tradisional tersebut merupakan bantuan dan kerjasama antara Pemprov Kepri dan kelompok nelayan.

Bantuan diberikan kepada kelompok nelayan Desa Penaga, Kabupaten Bintan, yang terdiri dari 5 orang Namun kerambah di wilayah ini tidak semuanya aktif atau berisi penangkaran ikan. Terdapat sekitar 12 kerambah yang pasif karena pengelolaannya tersendat akibat tidak dibelikan bibit lagi. 

Ketika memasuki usia panen, kelompok nelayan menjual ikan-ikannya dan hasilnya tidak dibelikan bibit lagi. Para nelayan hanya menunggu bantuan dari pemerintah untuk mendapatkan bibit lagi, sehingga kerambah yang sudah ada menjadi pasif. 

“Harusnya hasil panen, sebagian diputar kembali untuk membeli bibit dan pangan sehingga bantuan kerambah yang diberikan pemerintah dapat maksimal pemanfaatannya,” ujar Tawarich. Adapun penangkaran yang berada di kerambah ini, antara lain; ikan bawal bintang, udang galah, ketam, gonggong, dan ikan kerapu. (***)

Editor :