NATUNA

Daeng Amhar Serap Aspirasi Masyarakat Lewat Reses dan Musrenbang

Jumat | 01 Maret 2019 | 21:40
dewan natuna

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Siapa yang tak kenal anggota DPRD Natuna bernama Daeng Amhar. Hampir seluruh masyarakat Natuna, cukup mengenal dengan baik lelaki murah senyum ini. Bukan hanya itu, berkat usahanya menjaga kepercayaan masyarakat, Daeng Amhar sudah 3 periode duduk di kursi DPRD Natuna sejak tahun 2004 silam.

Dibawah naungan Partai Amanat Nasional(PAN), Daeng Amhar, kini menjabat Wakil Ketua II DPRD Natuna. Memang sudah menjadi kebiasaanya turun langsung ke lapangan melakukan kunker reses maupun mengikuti musrenbang tingkat desa dan kecamatan.

Dikatakannya, dengan turun langsung, aspirasi dan keinginan masyarakat yang sebenarnya dapat diketahui.

Contohnya, belum lama ini ia melakukan reses di Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kegiatan tersebut, Politisi PAN itu mendengar langsung keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, tokoh agama dan pemuda Desa Sungai Ulu.

Daeng Amhar saat melakukan reses ke Desa Sungai Ulu

Menurutnya usulan dan masukan dari masyarakat merupakan acuan bagi wakil rakyat dalam mengambil kebijakan.

Sejumlah usulan yang disampaikan langsung oleh warga kepada dirinya, antara lain berkenaan dengan sarana dan prasarana olah raga, kesehatan, pendidikan serta peningkatan infrastruktur jalan di Desa Sungai Ulu.

Menanggapi usulan dari kostituenya itu, Daeng Amhar berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui kewenangannya di DPRD Natuna untuk disampaikan kepada pihak ekskutif atau Pemerintah Daerah.

“ Semua usulan dari bapak-bapak akan menjadi bahan evaluasi bagi saya, Insa allah akan diperjuangkan. Namun tidak serta merta langsung jadi, ada mekanisme dan prosedur yang harus kita ikuti,” ungkapnya.

Daeng Amhar juga menekankan kepada masyarakat, dalam menyampaikan usulah hendaknya disamasukkan dalam RPJMDes agar setiap kegiatan yang diusulkan tidak tumpang tindih. Kami harus menjadi usulan dari masyarakat menjadi harapan untuk di perjuangkan di DPRD Natuna.

“Usulan dari Desa hendaknya dimasukkan dalam draf RPJMDes agar kegiatan yang diusulkan tidak tumpang tindih, Jika sudah masuk dalam RPJMDes maka kegiatan mudah dilaksanakan.” terangnya.

Meski berasal dari Daerah Pemilihan I, Daeng Amhar juga aktif menyerap aspirasi masyarakat dari Dapil lain. Seperti belum lama ini, saat Bupati Natuna berkunjung ke Kecamatan Midai untuk membuka Musrenbang Kecamatan Wilayah III.

Bersama anggota DPRD lainnya dari Dapil III, Daeng Amhar tampak semangat mendampingi Bupati Natuna dalam kunjungan tersebut.


Daeng Amhar saat melakukan reses ke Desa Sungai Ulu

“Usulan Musrenbang tingkat kecamatan ini, merupakan pokok pikiran yang kedepan bisa membawa kemajuan bagi tiap daerah. Selain itu, peranan antara eksekutif dan legislatif harus selaras sehingga apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa tercapai, ” Kata Daeng Amhar, dalam sambutannya pada acara tersebut.

Ia juga menjelaskan, kegiatan seperti kunker, merupakan agenda kerja rutin wakil rakyat.

“Turun ke lapangan dan menampung pokok pikiran masyarakat. Pokok pikiran ini akan menjadi tugas untuk diwujudkan sesuai dengan visi dan misi daerah,” imbuhnya. (alfian)

Editor :