TANJUNG PINANG

Tagana dan Katar Bagi-bagi Air Bersih

Jumat | 29 Maret 2019 | 19:43

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Karang Taruna (Katar) Kota Tanjungpinang bagibagi air bersih gratis ke warga Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Bagi-bagi air bersih ini digelar usai salat Jumat, 29 Maret 2019 juga disponsory oleh organisasi wartawan PWI Tanjungpinang-Bintan dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Cabang Kepri serta sejumlah media yang ada di Ibukota Kepri.

Jika tidak ada halangan, ba’da salat Jumat, Katar Tanjungpinang Timur bersama Tagana Tanjungpinang mendistribusikan air bersih di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Hari Jumat hari yang baik,” kata Ketua Tagana Kota Tanjungpinang Hamdan Syahrial.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bentuk bakti sosial Tagana dan Katar kepada Masyarakat karena musim kemarau berkepanjangan sedang melanda Kota Tanjungpinang dan sekitarnya.

Bantuan air bersih gratis ini, sambung Hamdan, diharapkan bermanfaat bagi warga yang sedang kesusahan mencari air bersih.

“Tagana Kota Tanjungpinang menyuplai air bersih ke permukiman warg,” ungkapnya.

Diakuinya, meski sempat hujan pada Kamis, 28 Maret 2019 namun belum merata hingga sebagian warga masih kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Untuk meringankan warga dalam mendapatkan air bersih, Tagana mengerahkan satu unit mobil tangki air bersih berkapasitas 5.000 liter.

“Kegiatan ini akan kita lakukan beberapa hari dengan mengoperasikan 1 unit mobil mobil tanki air ke permukiman-permukiman yang masih kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Hamdan.

Sementara itu, Ketua Katar Tanjungpinang Timur Andriady menyebutkan, pendistribusian air bersih itu didistribusikan di tiga lokasi.

“Masing-masing satu titik di Kelurahan Kampung Melayu, kemudian dilanjutkan pada dua titik di Kelurahan Kampung Bulang,” ujarnya.

Secara teknis, ungkap Andriady, dalam pendistribusian air bersih warga diharapkan membawa ember serta tempat penyimpan air lainnya untuk mempermudah proses penyuplaian air bersih ke warga.

Untuk wilayah Kelurahan Kampung Bulang akan didistribusikan ke dalam dua bak penampungan air yang ada di lokasi tersebut. Untuk kelurahan lain di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur akan dilaksanakan mulai Kamis pekan depan.

“Bakti sosial ini merupakan murni swadaya dari anggota Katar Tanjungpinang Timur se- Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Tagana Kota Tanjungpinang,” tuturnya.

Di Tempat terpisah, Zakmi selaku ketua PWI Tanjungpinang Bintan mengapresiasi langkah Sataga dan Karang Taruna ibu kota yang peka terhadap kepentingan masyarakat banyak.

“Semoga akan muncul organisasi-organisasi lain yang peka dengan kesulitan yang sedang dialami masyarakat,” kata Zakmi yang juga Sekretaris SMSI Cabang Kepri.

Wakil Pimpinan Redaksi Tanjungpinang Pos ini juga berharap Pemerintah daerah dan pemerintah provinsi mesti punya program jangka pendek dan jangka panjang untuk menjamin ketersediaan air bersih.

“Masalah Air bersih ini masalah rutin yang terjadi setiap tahun. Sudah menjadi keharusan Pemda dalam membangun infrastruktur dalam pemenuhan kebutuhan hajat hidup orang banyak ini,” sebutnya. (***)

Editor :