Minggu | 20 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

Jalin Silatulrahmi dan Jemput Aspirasi, Hinterland Centre Kunjungi Pulau Abang

Kamis | 28 Maret 2019 | 19:16
aspirasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Pesisir Hinterland Centre (PPHC) Provinsi Kepulauan Riau melakukan kunjungan ke Pulau Abang, Kecamatan Galang, Kota Batam, Rabu, 27 Maret 2019 sore.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka sosialisasi dan menjalin tali silatuhrahmi, sekaligus menyerap aspirasi dan keluhan-keluhan dari masyarakat Pulau Abang.

Ketua Umum DPP PPHC Kepri, Andi Jasrudin mengatakan PPHC merupakan suatu lembaga yang fungsinya memberikan kontrol sosial kepada pemerintah.

“PPHC hadir bukan sebagai penghambat investasi, melainkan PPHC hadir sebagai penghubung untuk menjembatani antara investor dengan masyarakat pesisir agar apa yang menjadi hak-hak dari masyarakat bisa terakomodir dengan baik'” katanya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, peran aktif dari masyarakat sangat dibutuhkan. Karena ketika terjadi suatu permasalahan, yang pertama kali mengetahuinya adalah masyarakat itu sendiri.

“Ketika hak masyarakat tidak diakomodir oleh pihak terkait, PPHC siap berada di garda terdepan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Lanjutnya, DPP PPHC berdiri pada tahun 2012 di Provinsi Kepri. Kemudian lembaga ini baru efektif bergerak pada tahun 2015. Kurun waktu hingga sekarang, PPHC telah menangani sebanyak 102 kasus di seluruh Kepri.

“Alhamdulillah, saat ini PPHC sudah terbentuk hampir di seluruh kabupaten dan kota di Kepri. Lembaga ini juga telah menangani sebanyak 102 kasus, yang sebagian besar penangan kasusnya tentang limbah. Sebagian kasusnya sudah bisa terselesaikan dengan baik, dan sebagiannya lagi masih dalam proses,” ucapnya.

Andi menjelaskan lagi, selain memberikan pendampingan kepada masyarakat, lembaganya juga aktif di berbagai kegiatan sosial lainnya, seperti perbaikan pelantar-pelantar yang rusak dan aktif memberikan sosialisasi ke masyarakat.

Dalam kunjungannya ke Pulau Abang, DPP PPHC juga mengajak Binmas Polda Kepri, yang diwakili oleh Kasubdit Binpolmas Ditbinmas Polda Kepri, AKBP Sazili, serta DPD PPHC Kota Batam.

Tim disambut sekitar puluhan warga masyarakat di Pulau Abang. Pertemuan di laksanakan di Pondok Informasi Pulau Abang.

Diakhir kegiatan, PPHC memberikan bantuan berupa Sajadah untuk sholat kepada tokoh masyarakat sekaligus imam masjid.

“Semoga sajadah ini bisa dipergunakan sebaik-baiknya oleh warga untuk beribadah,” pungkasnya. (sal)

Editor :