Sabtu | 23 Januari 2021 |
×

Pencarian

NATUNA

Kunker Bupati Natuna ke Serasan, Pantau Persiapan PLBN

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna- Warga Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri, sejak jaman dulu sudah melakukan transaksi jual-beli dengan Sematan, wilayah negara Malaysia.

Sebenarnya perdagangan ini ilegal, pasalnya transaksi tersebut tidak sah dimata hukum, hal itu karena tidak terdapat Pos Lintas Batas Negara, sehingga warga Serasan yang ke sematan, masuk melalui pelabuhan “Tikus” untuk menghindari aparat hukum Malaysia.

Loading...

Namun, karna banyak warga Serasan yang tertangkap oleh Polisi Malaysia, akhirnya masalah tersebut mendapat perhatian pusat. Dengan instruksi langsung dari Presiden RI, akhirnya di kecamatan Serasan akan di bangun Pos Lintas Batas Negara(PLBN).

tarian persembahan menyambut kedatangan Bupati dan rombongan

Kunker Bupati Natuna bersama Kepala kantor Bea cukai Tanjung Pinang ke Kecamatan Serasan pada Kamis 21 Maret 2019, guna memantau persiapan dan mendengar Aspirasi masyarakat Serasan terkait pembangunan PLBN.

“Saya sengaja datang melihat, semoga PLBN ini segera terwujud, demi untuk kesejahteraan masyarakat Natuna umumnya, dan Kecamatan Serasan/Serasan Timur khususnya, ” Ujar Hamid Rizal.

Sebelumnya kata Hamid, pada kepemimpinannya pada tahun 2002 silam, PLBN telah di bangun Kecamatan Serasan, hanya saja saat itu PLBN kembali di tutup oleh pihak terkait tanpa dijelaskan alasannya.

Loading...
Bupati Natuna memberika sambutan

“Dengan Istruksi langsung Presiden RI bahwa PLBN ini harus di bangun kembali, karena saya memang sebelumnya saya sudah buat surat ke Presiden minta PLBN ini di aktifkan kembali. Dahulunya sudah ada, setelah itu dicabut lagi. dan Hari ini di aktifkan lagi”, paparnya

Sementara itu Kepala kantor Bea cukai Tanjung Pinang Sodikin mengatakan, kunjungan ke Natuna untuk melihat dan meninjau sekaligus melakukan sosialisasi terkait pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Sodikin menambahkan, sesuai Intruksi Presiden no 1 tahun 2019, maka pembangunan PLBN di kecamatan Serasan akan difasilitasi oleh Negara.

Masyarakat serasan dalam ramah tamah dengan bupati

“Kedatangan Kami untuk mensosialisasikan tentang pemakaian PAS. Gunanya untuk keringanan bagi masyarakat yang belanja ke Negara tetangga. Artinya barang- barang dari Negara Jiran Malaysia dibawa ke Serasan tidak Pajak. Masyarakat juga bisa keluar masuk. Namun demikian jumlah belanja nanti akan diatur. Intinya Bea cukai hadir untuk persiapan, sarana dan prasarana SDM. Kalau masalah Paspor itu urusan Imigrasi, ” terangnya.

Sementara itu camat Serasan Induk M.Amin, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bupati beserta rombongan, serta rasa Peduli Pemkab Natuna terhadap masyarakat Serasan, sehingga apa yang diangan-angankan warga kini terealisasi.

“Terimakasih kepada pihak terkait, karena PLBN ini bakal dibangun kembali. Ini akan membantu lajunya pertumbuhan ekonomi di Serasan, “Ucapnya. (alvian)

Loading...
Loading...