Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

NATUNA

Nelayan Kekinian Cek Aplikasi Sebelum Melaut

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Safrudin dan Sahidan keduanya adalah nelayan tradisional Natuna, mencari ikan hingga berjarak belasan hingga puluhan Mil dari bibir pantai, sudah biasa mereka lakoni tuk menyambung hidupnya.

Meninggalkan keluarga di rumah berhari-hari lamanya, mendapatkan tangkapan banyak tentu menjadi harapan.

Loading...
Istimewa

Kadang terlintas di pikiran, akankah mereka dapat kembali ke rumah dalam keadaan selamat, atau malah tak pernah pulang lagi selamanya.

Kabupaten Natuna, tempat Sahidan, Safrudin dan para Nelayan tinggal itu merupakan salah satu titik fokus pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui proyek Palapa Ring Barat, yang sudah selesai sejak 2018 lalu.

Sekarang Nelayan Natuna pun bisa sedikit lega, berkat adanya Palapa Ring Barat yang turut membantu nelayan dalam memberikan akses telekomunikasi saat mereka di Laut. Sekira seminggu belakangan, mereka diajari menggunakan aplikasi untuk nelayan bernama Laut Nusantara.

Aplikasi berbasis Android tersebut dikembangkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama XL Axiata, yang memiliki sejumlah fitur untuk membantu produktivitas nelayan.

Loading...

Berbagai macam fitur ditawarkan untuk memudahkan aktivitas nelayan tradisional dalam mencari ikan di lautan.

Terdapat enam fitur utama di dalam aplikasi ini: Pesisir, Perairan, Laut Lepas, Kelautan, Hitung BBM, dan Tangkapan.

Nelayan pun bisa melaporkan hasil tangkapan mereka, termasuk jenis ikan dan bobot tangkapan melalui aplikasi tersebut.

“Halo Pak Sahidan dan Pak Safrudin, ” sapa Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dari aula Kemenkominfo Jakarta, melalui sambungan panggilan video saat acara Palapa Ring Techno Fest, di SKPT Selat Lampa, Rabu 20 Maret 2019.

Terlihat pada layar videotron, Safrudin dan Sahidan yang berada di laut natuna, tersambung langsung dengan Menkominfo di Jakarta.

“Coba Pak Sahidan dan Pak Safrudin apa yang mau disampaikan kepada kami di Kominfo, ” tanya Menkominfo Rudiantara.

Kedua nelayan Natuna itu pun tampak sumringah berbicara langsung dengan Menteri. Sahidan mengatakan, jaringan telekomunikasi di Desa Tanjung Kumbik tempatnya tinggal saat ini sudah lancar, selain itu, ia dan rekan nelayan lain dapat menggunakan Internet untuk membuka aplikasi.

“semenjak ada aplikasi Laut Nusantara , kita disini sangat terbantu, bisa melihat cuaca, gelombang dan tempat ikan, hasil tangkapan juga bertambah,” ungkap Sahidan.

Dirinyapun berharap, Pemerintah terus mengembangkan aplikasi untuk nelayan Natuna sehingga membantu pendapatan mereka.

“Baik Pak Sahidan, intinya seluruh permintaan nelayan semuanya hampir sama di seluruh daerah, kami akan berupaya mengembangkan terus, karena nyawa lebih penting dari jumlah ikan, ” Ujar Menkominfo Rudiantara. (alfian)

Loading...
Loading...