ANAMBAS

Program Inovasi Desa, Wan Rhumadi: Gunakan Kesempatan Ini Sebaik-baiknya

Senin | 08 April 2019 | 17:42
inovasi desa

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Sebagai upaya untuk melakukan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, maka dibangun sebuah kebijakan dan disain pemerintah yang dituangkan dalam program inovasi desa.

Program inovasi desa yang merupakan kebijakan pemerintah memerlukan sebuah gerakan yang serius. Oleh karena itu, gerakan inovasi desa harus dilakukan secara terpadu dan selaras dengan keadaan desa. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan oleh stakeholder yang bermukim di desa.

“Ini sesuai dengan mandat UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa,” kata Camat Siantan Tengah, Wan Rhumadi di Aula Kantor Camat Siantan Tengah, Senin, 8 April 2019.

Dia menyebutkan, gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya program ini. Ciptakanlah kreasi tepat dan manfaat. “Jadikan ini pendapatan desa, namun harus disesuaikan dengan peraturan desa,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya Kecamatan Siantan Tengah, untuk tahun 2018, kecamatan telah membentuk tim program inovasi desa. Namun sayangnya, kegiatan ini belum bisa berjalan secara maksimal. Untuk itu, tambahnya, kecamatan melakukan beberapa perubahan keanggotaan.

“Agar program ini dapat berjalan dengan baik, Secamatan Siantan Tengah mendatangkan narasumber yang merupakan tenaga ahli Kabupaten dari Kemendes PDTT sebagai penyampai meteri tentang program inovasi desa.

Dikatakannya, sosialisasi ini dihadiri langsung kepala desa dan BPD beserta tim TPID yang telah terbentuk sebelumnya,” katanya.

“Sejauh ini saya melihat belum ada komitmen yang dilaksanakan desa, karna kurangnya pemahaman. Berkomitmenlah tepat dan manfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita khususnya,” katanya. (rofi)

Editor :