NATUNA

XL Axiata Bakal Panaskan Persaingan 4G di Pulau Terluar

Selasa | 09 April 2019 | 10:58
pulau terluar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Selaras dengan dioperasikannya Palapa Ring Barat (PRB) , satu persatu penyedia jasa telekomunikasi mulai melirik kerjasama pemanfaatan jaringan fiber optik berkecepatan tinggi ini.

Dari sisi kompetisi, maka persaingan layanan 4G di wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas, mulai panas karena Telkomsel yang selama ini melayani masyarakat mendapat perlawanan dari dua tamu baru yakni Smartfren dan XL Axiata. 

Seperti dilansir dari warta Diskominfo Natuna, XL Axiata telah menjalin kerjasama dengan Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dalam memanfaatkan jaringan backbone Palapa Ring Barat.

Dengan memanfaatkan Palapa Ring Barat, XL Axiata akan memperluas layanan hingga ke daerah-daerah terpencil di wilayah Barat kepulauan Indonesia, tanpa menggunakan koneksi satelit yang kurang efisien secara biaya.

Jaringan fiber optik berkecepatan tinggi Palapa Ring Barat menghubungkan berbagai wilayah terpencil di Kawasan Barat Indonesia yang masuk kategori terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Kabupaten Anambas dan Kabupaten Natuna yang berlokasi di Laut Cina Selatan masuk kategori tersebut. Dengan memanfaatkan Palapa Ring Barat, operator bisa menyelenggarakan layanan telekomunikasi dan internet cepat di area-area dengan kategori 3T tersebut tanpa perlu membangun sendiri jaringan kabel fiber optik hingga ke sana.

Dalam Siaran Pers “Dukung Pembangunan Wilayah Terluar” 8 Maret 2019 lalu, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, Pada tahap awal, baru beberapa BTS yang bisa ditempatkan. Meskipun begitu, layanan 4G LTE XL Axiata akan bisa melayani area-area yang memang sangat membutuhkan layanan internet cepat, yaitu di Tarempa dan Matak Kabupaten Anambas.

“Tujuan kami menyelenggarakan layanan 4G LTE di Anambas saat ini memang lebih pada membantu pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan, belum karena pertimbangan keuntungan ekonomi. Tentu kami berharap, ke depan perekonomian di area perbatasan ini semakin berkembang apalagi di sini merupakan salah satu daerah dengan potensi perikanan laut yang besar dan potensi wisata laut yang sangat menjanjikan, ” Tutur Yessie.

Tidak hanya Anambas, pihak XL juga mengakui tengah dalam proses koordinasi untuk segera 4G kan jaringan XL di Natuna. Hal tersebut disampaikan Henry Wijayanto Head of External Communications PT. XL Axiata Tbk.

“Kalau di Anambas XL sudah 4G. Untuk Natuna, kami masih dalam proses check atau akan dikoordinasikan lagi untuk jaringan 4G” kata Henry saat dikonfirmasi wartaKominfo 6 April 2019 via Whatsapp.

Dalam Siaran Pers tersebut juga disebutkan bahwa, Direktur Utama BAKTI, Anang Achmad Latif mengapresiasi langkah XL Axiata.

“Kami sangat mengapresiasi langkah XL Axiata yang terus memperluas jaringan data hingga ke pelosok-pelosok daerah” , tutur Anang Latif.

Selain sektor-sektor ekonomi dan niaga, keberadaan layanan internet cepat 4G LTE juga akan bermanfaat bagi pemerintah daerah setempat dalam menjalankan layanan sosial dan pemantauan kondisi masyarakat yang ada di banyak pulau. Seperti daerah lain pula, pemerintah daerah bisa mendorong penggunaan layanan 4G LTE untuk sarana belajar mengajar di sekolah, mendukung layanan kesehatan, serta berbagai layanan publik lainnya. (alfian)

Editor :