BATAM

Bawaslu Kota Batam Kenalkan Aplikasi SIWASLU

Kamis | 11 April 2019 | 22:25

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam luncurkan Sistem Pengawas Pemilu (Siwaslu) berbasis IT.

Program ini merupakan terobosan baru Bawaslu RI yang bertujuan untuk mempermudah penyelenggara pemilu dalam hal pengawasan pemilu yang dilakukan oleh petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza, yang menjadi pembicara dalam kegiatan Bimbingan Teknis TOT bagi petugas PTPS Pemilu Tahun 2019 Kecamatan Batam Kota, di Asrama Haji Batam, Kamis 11 April 2019.

“Hari ini uji coba aplikasi Siwaslu, secara serentak di seluruh Indonesia,” Jelasnya .

Reza menjelaskan , Dengan aplikasi Siwaslu pengawas ditingkat kelurahan/desa (PKD) hingga tingkat pengawas TPS (PTPS) dapat dengan mudah menyampaikan laporannya. Laporan yang masuk ke Siwaslu akan terintegrasi dan diawasi langsung oleh Bawaslu RI.

“Pengawas kita nanti hanya tinggal mendowload aplikasinya melalui android masing-masing. Disana nanti, pengawas tinggal memasukkan data laporannya bila menemukan adanya pelanggaran. Jadi aplikasi Siwaslu ini akan mempermudah dan mempercepat akses proses pelaporan pengawasan kita,” tutupnya. (sal).

Editor :