NATUNA

Bupati Natuna Serahkan 50 Unit Rumah Khusus Bantuan Kemen PUPR

Sabtu | 13 April 2019 | 20:10

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Kementerian PUPR membangun 50 Unit rumah khusus sebagai percontohan, di desa Sepempang, Kabupaten Natuna.

Rumah dengan tipe 28 ini pun telah diserahkan secara simbolis, oleh Bupati Natuna kepada masyarakat penerima, pada rabu 10 April 2019.

Penerima rumah khusus bukan hanya kalangan nelayan, namun warga berpenghasilan rendah, maupun masyarakat tertimpa bencana juga dapat menempati rumah tersebut.

Bupati Natuna melihat rumah khusus yang dibangun Kementerian PUPR

Dalam kesempatan itu, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, berpesan kepada penerima, agar merawat dan menjaga rumah bantuan dari PUPR.

Tak lupa, Hamid juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, karena telah memperhatikan masyarakat Kabupaten Natuna, termasuk dalam memberikan bantuan rumah khusus kepada masyarakat.

Disamping itu, sejumlah prasarana dan infrastruktur juga dibangun pusat, seperti jalan, jembatan, serta listrik yang kini bisa dinikmati masyarakat secara langsung.

Bupati Natuna foto bersama dengan para penerima bantuan rumah khusus

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Hendra Kusuma menjelaskan, pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Natuna mengajukan dua proposal, yakni pembangunan rumah khusus dan rumah PNS perbatasan.

Akan tetapi, pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR hanya menyetujui pembangunan rumah khusus di desa Tanjung.

“Perlu saya sampaikan, rumah khusus ini bukan rumah nelayan, ini selalu salah persepsi. Rumah khusus ini di peruntukan bisa untuk nelayan, masyarakat berpenghasilan rendah, dan juga bisa untuk masyarakat terkena bencana, ” terang Hendra.

Bupati Natuna melihat rumah khusus yang dibangun Kementerian PUPR

Hendra mengungkapkan, sebenarnya ada dua lokasi bantuan rumah khusus harus diresmikan. Namun karena ada persoalan hukum, sehingga perumahan terletak di Semente, Kecamatan Bungaran Barat, belum bisa diresmikan.

“Perumahan Semente, belum bisa saya terima karena masih bermasalah, nanti ada yang tanya kenapa di Semente belum diresmikan padahal lebih duluan di bangun, ” tutur Hendra.

Satker Kementerian PUPR, Agus Prianto menyampaikan, rumah khusus ini diperuntukan bagi masyarakat berkebutuhan khusus, untuk masyarakat di perbatasan dan nelayan.

“Jadi memang benar perumahan ini bukan perumahan khusus untuk nelayan saja, tetapi rumah khusus untuk masyarakat perbatasan dengan rumah nelayan perbatasan yang sifatnya lebih umum, “katanya.

Agus menambahkan, dengan keterbatasan anggaran Kementerian PUPR hanya bisa membangun secara permanen rumah khusus untuk kabupaten Natuna sebayak 50 unit dengan tipe 28. Ia juga berterimakasih kepada pemerintah daerah telah membangun jalan di perumahan tersebut.

Agus Prianto menegaskan, bahwa perumahan ini tidak bisa dirubah bentuk atau ditambah dan dikurangi seperti penambahan dapur dan lain sebagainya,

“Karena dulu ada juga di Kabupaten Bintan yang melakukan penambahan dapur menggunakan kayu bekas dan sepanduk bekas membuat perumahan tersebut kelihatan tidak enak dipandang mata,”sebut Agus.

Giat peresmian dan penyerahan secara simbolis ini dihadiri Sekda Natuna Wan Siswandi, Camat Bunguran Timur Laut, serta sejumlah Kepala OPD. (alfian)

Editor :