Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Batam

BATAM

Biaya UNBK Mahal, Ratusan Juta untuk Penyediaan Instalasi, Server, Internet dan Listrik

Senin | 22 April 2019 | 15:36
bantuan pemerintah

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Kepala Sekolah SMPN 12 Batam, Dra Nurmi, mengaku biaya penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) cukup mahal.

Untuk pelaksanaan UNBK itu sendiri, sekolahnya menganggarkan dana mencapai Rp200 juta lebih. Dana ratusan juta rupiah Itupun baru sebatas pengadaan instalasi, server, pemasangan internet dan daya listrik.

“Kalau dikatakan biaya berat memang cukup berat, kita saja sudah tiga kali menggelar UNBK bila ditotal-total biayanya yang telah kita keluarkan mencapai Rp200 juta lebih baru sebatas pemasangan instalasi, jaringan internet, listrik dan penyediaan sever,” katanya disela-sela UNBK hari pertama, Senin, 22 April 2019.

Lebih jauh dikatakannya, mungkin kalau dengan sarana komputer atau laptop, lebih besar lagi. Tapi kalau hanya biaya sekali menyelenggarakan UNBK cukup ringan hanya Rp4 jutaan saja.

Diakuinya, sekolah sejauh ini belum bisa menyediakan komputer/laptop dalam memenuhi sarana UNBK karena siswa cukup banyak menjadikan kebutuhannya komputer juga banyak. Untuk menyiasati kekurangan komputer tersebut, terpaksa sekolah meminta bantuan pinjaman laptop terhadap orang tua murid.

“Peserta UNBK di sekolah kita mencapai 281 siswa, dan kebutuhan komputer sebanyak 150 unit yang kita bagi dalam dua sesi ujian. Sedangkan komputer yang kita miliki hanya 21 unit ditambah dengan beberapa unit lagi bantuan dari Disdik, maka kekuranganya kita meminjam orang tua murid, dan alhamdulilah mereka bersedia, malah yang dipinjamkan ke kita itu berlebih,” katanya. Seraya Nurmi berharap untuk UNBK tahun depan, sekolahnya bisa mendapat bantuan komputer lagi dari pemerintah. (armen)

Editor :