Senin | 30 November 2020 |
×

Pencarian

BATAM

DPRD Batam Minta Pemko Batam Bagikan Sembako setelah Pemilu 2019

hentikan bagi sembako

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam meminta kepada Pemko Batam untuk menghentikan sementara pembagian sembako melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemko Batam.

Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Batam dengan Camat dan Lurah se-Kota Batam, yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna DPRD Batam, Kamis 4 April 2019.

Loading...

Anggota DPRD Kota Batam Jurado Siburian yang bertindak sebagai pimpinan sidang menilai pembagian sembako murah oleh Pemko Batam melalui Disperindag, dinilai melanggar kesepakatan dengan DPRD Batam. Hal itu lantaran saat ini sudah memasuki masa kampanye dan akan menimbulkan dampak negatif bagi caleg yang ikut partisipasi dalam pembagian itu.

“Untuk Kecamatan yang sudah selesai dibagikan, ya sudah. Namun untuk kecamatan yang belum dibagikan, distop dulu dan diharapkan menunggu surat dari pimpinan masing-masing,” kata Jurado.

Menurut Jurado, hal yang telah disepakati bersama untuk pembagian sembako murah akan dibagikan setelah pelaksanaan Pileg dan Pilpres. Namun nyatanya, pembagian sembako sudah dilaksanakan di dua kecamatan.

Oleh karena itu, DPRD Batam meminta kepada seluruh Camat se-Kota Batam untuk menghentikan pembagian sembako murah sampai adanya keputusan antara DPRD Batam dan Pemerintah Kota Batam.

Loading...

Dalam pembagian sembako yang dilakukan oleh Pemko Batam melalui camat dan lurah diduga tidak sesuai dengan aturan yang telah ada, selain waktunya yang tidak sesuai dengan yang telah disepakati namun juga ada tidak tepat sasaran.

Sembako yang seharusnya dibagikan kepada masyarakat kurang mampu namun malah yang mendapatkan sebaliknya.

“Hal itu kejadian di lapangan dan saya amati sendiri dalam pembagian sembako di daerah Duriangkang kemarin,” kata dia.

Menurutnya, hasil dari rapat RDP ini akan disampaikan kepada ketua DPRD Kota Batam agar menyurati Wali Kota Batam, atas kebijakan apa pembagian sembako itu dilakukan sekarang ini, karena waktunya di luar kesepakatan.

Menanggapi pertanyaan anggota legislatif tersebut perwakilan Camat se-Batam, Ridwan menyebutkan bahwa pembagian sembako murah sudah sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku.

“Artinya semua kegiatan itu harus sesuai dengan aturan dan arahan yang sudah ada dari pimpinan,” katanya.

Sementara itu untuk fasilitas Aula di Kantor Camat, memang tidak boleh dipakai oleh caleg yang melakukan kegiatannya. Akan tetapi terkadang mungkin ada dalam pelaksanaan rapat atau kegiatan ada para caleg yang hadir di situ dan agenda rapat atau kegiatan itu bukan agenda politik. (sal).

Loading...
Loading...