Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Gestapo, Alat Rudolf Diels untuk Lenyapkan Lawan Pemerintah

Jumat | 26 April 2019 | 16:45
logo nazi

MEDIAKEPRI.CO.ID – Gestapo adalah polisi rahasia resmi Nazi Jerman. Awalnya, Gestapo merupakan Polisi Rahasia Prusia yang dianggap sebuah organisasi ganda Sicherheitsdienst dan juga subkantor Sicherheitspolizei.

Nama Gestapo mulai populer setelah pimpinannya dijabat oleh Hermann Göring, (Panglima “Luftwaffe”, Angkatan Udara Jerman) tahun 1934. Peran Gestapo kadang hampir sama dengan SS. Namun, Gestapo lebih berperan layaknya FBI di Amerika Serikat.

Pada tahun 1933 di Prusia atas usaha menteri dalam negeri Prusia Hermann Göring Gestapo dibentuk sebagai suatu badan yang relatif kecil yang terdiri atas polisi politik (Politische Polizei) Berlin. Organisasi ini yang meneruskan tradisi polisi rahasia Prusia dengan tugas utama memantau dan membasmi lawan-lawan politik.

Pemimpin pertama Gestapo adalah Dr. Rudolf Diels. Diels-lah yang pertama-tama memakai istilah Gestapo. Gestapo bekerja sebagai polisi politik dan tidak terikat dengan organ yustisi lainnya.

Pada tahun pertama kekuasaan Nazi perebutan kursi pimpinan polisi politik masih belum jelas. Heinrich Himmler yang berasal dari Bayern yang lama menghimpun kewenangan polisi politik di negera-negara bagian non-Prusia pada dirinya dan pada tahun 1934 menginginkan juga Gestapo masuk dalam daerah kekuasaannya.

Göring berkosentrasi pada perluasan angkatan udara (Luftwaffe) dan pada April 1934 Diels digantikan oleh Reinhard Heydrich. Gestapo berkembang menjadi organisasi yang besar dalam memata-matai penduduk dan melenyapkan lawan-lawan pemerintah. (wikipedia.org)

Editor :