Senin | 18 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Jusuf Kalla Pertahankan Status Batam Tetap FTZ, Walikota Rangkap Jabat Kepala BP Batam

ftz batam

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan Batam akan tetap dalam status zona perdagangan bebas atau Free Trade Zone (FTZ).

Kepastian mempertahankan bentuk perdagangan bebas ini disampaikan oleh JK di hadapan ratusan pengusaha dalam Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkonas) Asosiasi Pengusaha Indonesia Ke 29 di Swissbell Hotel Batam, Selasa 2 April 2019.

Loading...

“Kami berprinsip tidak akan merubah status perdangangan bebas dari FTZ ke KEK, yang ingin kami perbaiki sebenarnya ialah dualisme kepemimpinan yang terjadi di Batam,” katanya.

JK menuturkan banyaknya keluhan-keluhan yang dia terima dari pengusaha, baik nasional maupun asing mengenai susahnya pengurusan surat menyurat ketika mau berinvestasi di Batam. Wapres mengatakan para pengusaha tersebut harus bolak-balik dari BP Batam ke Pemko Batam.

“Maka dari itu selesai Pemilu nanti, untuk menghilangkan dualisme kepemimpinan tersebut, kami akan menunjuk Walikota Batam merangkap sekaligus Kepala BP Batam. Bukan bermaksud menghilangkan fungsinya, tetapi untuk menghilangkan dualisme kepemimpinannya,” tuturnya.

Lebih lanjut JK menjelaskan, kenapa pemerintah memberi perhatian lebih untuk Batam? Karena Batam ini memiliki backbone dekat dengan Singapura. Yang mana kita ketahui bersama bahwasanya Singapura menjadi hub daripada transport dan hub daripada vendor-vendor.

Loading...

“Contohnya saja, kalau kita membuat KEK di Palu maupun di Kalimantan, siapa yang akan menjadi backbonenya? Untuk itu kita harus tetap menjaga Batam agar menarik bagi investor,” pungkasnya. (sal).

Loading...
Loading...