Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Pemimpin Italia, Mussolini dan Selingkuhannya Tewas Ditangan Pemberontak

Minggu | 28 April 2019 | 17:31
fasisme

MEDIAKEPRI.CO.ID – Benito Amilcare Andrea Mussolini, dikenal sebagai penggagas fasisme. Pria kelahiran 29 Juli 1883 ini pemimpin partai Fasis di Nasional Italia.

Politisi asal Italia yang meninggal 28 April 1945 ini adalah seorang diktator periode 1922-1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika.

Setelah ditangkap, ia diisolasi. Dua tahun kemudian, ia dieksekusi di Como, Italia utara. Pada saat itu Mussolini telah diturunkan dari jabatannya oleh raja Victor Emmanuel III dan ditahan di Campo Imperatore, sebuah resor pegunungan terpencil di Abruzzo.

Pasukan khusus Jerman berhasil membebaskan dan mengembalikannya berkuasa di Italia Utara. Tetapi, pada praktiknya jabatannya pada waktu itu hanya sebagai pemimpin boneka. Sedangkan mereka yang sebenarnya berkuasa adalah orang-orang Nazi Jerman.

Akhir hidupnya tiba tak lama kemudian ketika akhirnya Fasis Italia dikalahkan pada tahun 1945. Ia, bersama dengan istri sirinya, dan tiga orang pendukung setianya ditangkap dan kemudian ditembak mati oleh kelompok perlawanan Italia (tepatnya kelompok komunis) di sebuah desa bernama Giulino di Mezzegra dan mayat mereka digantung terbalik kemudian dipertontonkan kepada publik di pompa bensin di Piazza Loreto, Milan.

Mayat Mussolini kemudian dikuburkan di makam tak bertanda di Mussoco. Setahun kemudian, pada hari Paskah, sisa-sisa pendukungnya menggali kuburnya kembali dan kemudian disembunyikan di suatu tempat bernama Certosa de Pavia, dekat Milan.

Masalah mayat Mussolini sempat menjadi kontroversi di Italia saat itu dan akhirnya, mayat Mussolini ditemukan dan “disimpan” selama 10 tahun sebelum dikuburkan di Predappio, Emilia-Romagna, tempat kelahirannya. (wikipedia.org)

Editor :