Minggu | 20 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

Relawan Nusantara Rumah Zakat Kepri Laksanakan Penyuluhan DBD dan Aksi Bersih Masjid

Selasa | 09 April 2019 | 19:32
kegiatan rumah zakat

MEDIAKEPRI.CO.ID BATAM – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan, Relawan Nusantara Kepri melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa penyuluhan bahaya nyamuk Aedes Aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dan dilanjutkan dengan Aksi Bersih-Bersih Masjid.

Kegiatan dilaksanakan di Kampung Tua Setokok, Kecamatan Bulang, Minggu, 7 April 2019 pagi. Acara dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, yang di ikuti oleh puluhan anak-anak dan orang tua.

Kepala Kantor Perwakilan Rumah Zakat Provinsi Kepri sekaligus Koordinator Relawan Nusantara Kepri, Muhammad Isa mengatakan Relawan Nusantara merupakan sebuah komunitas anak muda yang fokus terhadap aksi-aksi siaga bencana dan ragam aksi-aksi sosial Kemanusiaan lainnya.

“Komunitas ini berada dalam naungan Komite Relawan Nusantara (KRN) yang berinduk pada Rumah Zakat (RZ),” katanya.

Lebih lanjut Isa menjelaskan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengajak masyarakat mewaspadai terhadap berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti.

Ditempat yang sama, Pemateri Gresia Fitriani, menjelaskan penyakit DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Istimewa

“Tanda dan gejalanya, yakni badan demam panas tinggi dua hingga tujuh hari. Kemudian nyeri di sendi dan otot, hidung mimisan, mual-mual dan muntah serta timbul bintik-bintik merah dibawah kulit,” jelasnya

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk demam berdarah dengan melakukan 3M, yakni Menguras tampungan air, Mendaur ulang penampungan air hujan dan Menutup penampungan air.

Dalam kegiatan yang ditaja Relawan Nusantara Kepri ini tidak hanya sebatas penyuluhan saja, berbagai games-games menarik dan kuis berhadiah juga disiapkan panitia.

“Anak-anak terlihat sangat antusias dan bahagia mengikuti kegiatan ini,” tuturnya.

Di akhir kegiatan, dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis oleh kakak-kakak relawan, yang di lanjutkan dengan aksi bersih-bersih masjid Al iman bersama anak anak remaja masjid. (sal).

Editor :