Rabu | 20 Januari 2021 |
×

Pencarian

NATUNA

Sosialisasi SPIP, Ngesti: Operasionalisasi Aparatur Pemerintah Harus Sesuai Regulasi

sosialisasi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, berharap aparatur pemerintahan, dalam pelaksanaan tugas harus selalu menyandarkan seluruh operasionalisasi pada regulasi yang sudah mengaturnya.

Hal itu disampaikan Ngesti saat membuka acara sosialisasi Peran Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Dalam Tata Kelola Keuangan Daerah, Senin 15 April 2019, di Hotel Tren Central, Ranai.

Loading...

“Hal ini penting terutama dalam bidang pelaporan keuangan dan aset yang harus diselenggarakan secara terintegrasi, efektif dan efisien, terbuka serta dapat dipertanggungjawabkan, “ujar Ngesti.

Kepala OPD dan peserta Sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan.

Menurut Ngesti, Aparatur sebagai penggerak pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan peran pelayanan bagi masyarakat, harus profesional sesuai amanah dan bidang kerja dalam sebuah sistem pemerintahan.

” Terlebih lagi dalam upaya penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dalam beberapa bentuk administrasi wajib pelaporan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan seperti Laporan Keuangan dan aset daerah, “Tuturnya.

Namun, kata Ngesti, untuk mewujudkan perbaikan dan peningkatan mutu dan kapasitas aparatur yang ada, harus ada perhatian dan komitmen dari seluruh pimpinan OPD, untuk memberikan peluang kepada para staf dalam meningkatkan kemampuan diri secara pribadi maupun tim kerja.

Loading...
Kepala OPD dan peserta Sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan.

Sementara itu Ketua Pelaksana sekaligus Inspektur Inspektorat Daerah Kabupaten Natuna, M. Husein, mengatakan bahwa keberadaan SPIP di setiap OPD sangat penting terutama sebagai kontrol internal terhadap pengelolaan anggaran dan aset daerah.

“Adapun target penerapan SPIP yang ingin dicapai pada tahun 2019 adalah sebesar 85 persen, sebagaimaan telah ditetapkan pada RPJPD tahun 2016-2021, dimana sejauh ini Kabupaten Natuna juga telah menerapkan sistem pada level 3, ” terangnya.

Kegiatan Sosialisasi ini juga dihadiri oleh  BPKP RI perwakilan Provinsi Kepri, Asisten Administrasi Kabupaten Natuna, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan peserta Sosialisasi yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.(alfian)

Wabup Natuna Ngesti Yuni Suprapti.

Loading...
Loading...