Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

TERINDIKASI. Aktivitas Pembuangan Limbah Diduga B3 PT GSI Cemari Lingkungan

pemcemaran lingkungan

MEDIAKEPRI.CO.ID BATAM – Secara umum, aktivitas yang dilakukan PT Green Structure Industries (GSI) tampak normal. Tiba-tiba, masyarakat resah dengan kegiatan perusahaan yang beroperasi di salah satu kawasan industri di Tanjunguncang ini.

Masyarakat yang was-was dengan adanya dugaan pencemaran itu langsung mengadukan tindakan ini kepada aktivis lingkungan hidup dari
Aliasi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup (AMPUH) Kota Batam. Menerima laporan ini, aktivis dari Ampuh dan awak redaksi mediakepri.co.id mendatangi lokasi perusahaan tersebut.

Loading...

Dari lokasi, diketahui perusahaan itu terindikasi melakukan aktivitas pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Dimana perusahaan tersebut melakukan dumping (pembuangan) limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Dan kegiatan melakukan pengrusakan lingkungan ini sesuai dengan video yang diterima mediakepri.co.id.

Limbah yang diduga B3 ini ditemukan dibelakang PT GSI. (sal)

Wendy, perwakilan perusahaan mengakui tindakan yang dilakukan oleh pihaknya yang secara sengaja telah melakukan aktivitas pembuangan limbah yang disinyalir limbah B3 yang disinyalir limbah padat yang mengandung logam berat.

“Berdasarkan rekaman yang diperlihatkan, memang benar kegiatan itu berada di perusahaan kami,” katanya.

Ketua DPC Ampuh Kota Batam, Budiman Sitompul, mengatakan perbuatan tersebut bertentangan dan melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 32 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH).

Loading...

Disebutkannya, perbuatan dumping (pembuangan) limbah akan menimbulkan dampak secara langsung terhadap lingkungan itu sendiri. Atau akan berdampak terhadap ekosistem dan hayati serta dampak gangguan terhadap kesehatan manusia.

“Kami minta DLH Batam, agar serius menangani kasus pencemaran lingkungan hidup yang di lakukan PT GSI. Jika nantinya terbukti perusahaan tersebut bersalah, kami minta perusahaan tersebut ditutup,” tegas aktivis yang konsisten memperhatikan persoalan lingkungan hidup yang akrab disapa Tom ini.

Dengan terjadinya tindak pidana tersebut, maka lembaga penegak hukum harus tegas dalam menegakan hukum pidana terhadap pelaku dumping (pembuangan) limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

“Kami akan kawal terus kasus ini sampai tuntas. Jangan biarkan kasus ini menghilang begitu saja,” pungkasnya. (sal)

Loading...
Loading...