Minggu | 20 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Walikota dan Wakil Walikota Batam

BATAM

Tingkatkan Keandalan dan Maksimalkan Penyaluran Energi Listrik, PLN Batam Operasikan GITO

Selasa | 02 April 2019 | 20:54
gito

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – PLN Batam resmi mengoperasikan Gardu Induk Tanpa Operator (GITO) di kawasan Industri Terpadu Kabil, Nongsa, Batam, Senin, 1 April 2019 siang. GITO merupakan salah satu upaya PLN Batam untuk meningkatkan keandalan dan memaksimalkan penyaluran energi listrik dari sistem pembangkit ke sistem distribusi.

General Manager Generations and Transmission Business Unit bright PLN Batam, Muhammad Nasir Tadjri mengatakan, dengan adanya GITO diharapkan mekanisme penyaluran daya listrik yang effektif dan effisien dapat dihasilkan dengan maksimal dan mengurangi dampak kerugian akibat transmisi. GITO merupakan salah satu alternatif dalam mendukung pengendalian terpusat untuk melakukan proses supervisi secara cepat dan akurat.

Ia mengatakan, supervisi yang cepat dan tepat sangat penting dalam menjaga keekonomian dan keefektifan proses penyaluran energi listrik. Dengan mengganti peran operator dalam suatu gardu induk dengan aplikasi-aplikasi perangkat teknologi yang dapat meningkatkan kualitas informasi lebih up to date dan real.

Perkembangan dan pembangunan GITO ini di mulai sejak Agustus 2018.

“Meski ditemui berbagai halangan dan kendala, tak menyurutkan tim untuk ragu dan mundur dari pembuatan sistem ini. Alhamdulillah, ini bisa diselesaikan secara maksimal,” katanya.

Direktur Utama bright PLN Batam, Dadan Kurniadipura menambahkan, hadirnya GITO menjadi nilai tambah bagi bright PLN Batam dalam rangka efisiensi. Mengingat, biasanya gardu dioperasikan oleh 2 operator setiap shiftnya (ada 3 shift tetap dan 1 cadangan).

Namun, dengan melakukan modernisasi maka sistem ini cukup dikontrol secara langsung dari pusat.

“Tujuan program ini adalah untuk revenue melalui keandalan jaringan dengan meningkatkan efektivitas pelaksanaan operasi. Hal ini adalah bentuk komitmen kami di bright PLN Batam untuk selalu bergerak maju dan memberikan yang terbaik untuk Kota Batam, khususnya pelanggan bright PLN Batam,” ujarnya.

Dari 11 Gardu Induk milik bright PLN Batam, ada 8 Gardu Induk yang dibuat menjadi GITO karena 3 Gardu Induk berada di sisi pembangkit, jadi harus tetap membutuhkan peranan manusia dalam pengoperasiannya.

Namun, saat ini baru 4 yang sudah selesai yakni di Nongsa, Batu Besar, Muka Kuning dan Kabil. Sementara sisanya akan dilakukan pada Juli 2019 mendatang.

Di tempat yang sama, Peters Vincen, Direktur Utama Kawasan Industri Terpadu Kabil menyambut baik kehadiran GITO di kawasannya.

“Ini sangat membantu kawasan Kabil dan memberikan listrik yang lebih stabil sehingga lebih maksimal. Siapapun investor yang masuk pastinya akan mempertimbangan masalah infrastruktur di sebuah kawasan, faktor keandalan listrik di sebuah kawasan Industri. Sehingga mereka bisa lebih maksimal dalam menghasilkan produk.” ujarnya.

“Dengan efisien dan infrastruktur yang ada di Batam, dan dengan stabilitas ini pastinya akan memunculkan pertumbuhan ekonomi yang bagus. Kami sangat berterima kasih kepada bright PLN Batam,” sambung Peters.

Selain peresmian GITO, pada kegiatan tersebut bright PLN Batam juga memberikan santunan kepada puluhan anak yatim dari beberapa panti asuhan. Santunan diberikan langsung oleh jajaran Direksi bright PLN Batam. (***)

Editor :