Senin | 23 September 2019 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

240 Tahun Berdiri Sebagai Kerajaan, Lalu Nepal Jadi Negara Republik

Selasa | 28 Mei 2019 | 0:49

MEDIAKEPRI.CO.ID – Setelah 240 tahun tatanan negara berjalan dengan landasan negara berbentuk kerajaan, akhirnya, Nepal berubah menjadi negara republik federal yang sekuler.

Pada 28 Mei 2008, Nepal, secara resmi Republik Demokratik Nepal, atau dalam bahasa Nepal diromawikan menjadi Sanghiya Loktāntrik Ganatantra Nepāl, merupakan Negara terkurung daratan di Asia Selatan.

Negara yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya, Nepal berbatasan dengan Tiongkok (Daerah Otonomi Tibet) di sebelah utara. Dan India di barat, timur, dan selatan.

Nepal dibentuk melalui Persatuan Nepal pada 21 Desember 1768. Prithvi Narayan Shah menjadi raja pertama. Nepal merdeka dari Inggris pada 21 Desember 1923.

Sebelumnya, negara yang terletak di Himalaya ini berstatus protektorat setelah dikalahkan Inggris dalam perang tahun 1815. Pada tahun 1990, Nepal mengubah sistem pemerintahan menjadi monarki konstitusional.
Kemudian pada tahun 2008 kerajaan Nepal resmi dibubarkan dan Nepal berubah menjadi negara republik federal yang sekuler.

Meskipun luas wilayahnya kecil, negara ini memiliki lansekap yang bervariasi, mulai dari Terai yang lembap di selatan sampai Himalaya yang tinggi di utara.

Nepal memiliki delapan dari sepuluh puncak tertinggi dunia, termasuk Gunung Everest dekat perbatasan Tiongkok. Kathmandu merupakan ibu kota dan kota terbesar.

Selain itu Nepal merupakan satu-satunya negara yang memiliki bendera dengan bentuk yang unik, yaitu dua buah segitiga siku-siku. (wikipedia.org)

Editor :