Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

HKTI Minta BP Batam Turunkan Harga Sewa Lahan Pertanian

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Dewan Pimpinan Kota (DPK) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Batam meminta kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam, untuk menurunkan harga sewa lahan pertanian.

Hal itu disampaikan Ketua DPK HKTI Kota Batam, Gunawan Satary kepada wartawan, Senin, 29 April 2019 lalu.

Loading...

Diungkapkan Gunawan, Permohonan HKTI Batam ini setelah menerima banyaknya keluhan dari para anggotanya, yang kemudian dilakukan kajian-kajian dan analisa usaha oleh HKTI Batam sendiri. Atas dasar itu, harga yang saat ini ditentukan oleh BP Batam senilai Rp. 3.000 / meter2 per tahun masih dirasa agak memberatkan bagi para pelaku usaha pertanian.

“Oleh karenanya HKTI meminta agar BP Batam bisa menurunkan harga sewa saat ini, dan menetapkan paling tinggi harga sewanya sebesar Rp. 2.000 / meter2 per tahunnya,” ungkap pria yang juga dikenal sebagai aktifis di sejumlah organisasi kemasyarakatan itu.

HKTI Batam telah menyampaikannya kepada BP Batam pada saat para pengurus melakukan kunjungan dan audensi dengan pihak Direktorat Pemanfaatan Aset BP Batam beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Gunawan, menanggapi permohonan HKTI ini, pihak BP Batam yang diwakili Irfan Widyasa selaku Kasubdit Pemanfaatan Sarana, merespon dengan baik. Irfan berjanji akan meneruskan permohonan ini kepada pimpinan BP Batam selaku pengambil kebijakan.

Loading...

Pada sisi lain, selain menyampaikan permohonan penurunan harga sewa lahan, HKTI Batam mengapresiasi upaya-upaya pihak BP Batam sendiri yang terus berbenah, dalam rangka melengkapi berbagai infrastruktur yang mendukung kelancaran aktifitas pertanian di kawasan-kawasan tersebut.

Gunawan juga mengapresiasi kebijakan BP Batam yang mengajak HKTI Batam menjadi mitra kerja dalam program-program kerja BP Batam terkait pengembangan bidang pertanian. Program-program tersebut antara lain berupa pelatihan-pelatihan dan pengembangan sektor agrowisata.

Terkait hal itu, Gunawan memastikan bahwa HKTI akan berperan aktif dalam rangka memberikan dukungan. Dukungan tersebut dengan memberikan masukan-masukan serta mengirim beberapa tenaga ahli yang dimiliki, sebagai instruktur pada pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh BP Batam.(rilis)

Loading...
Loading...