Senin | 30 November 2020 |
×

Pencarian

BATAM

PLN Batam Terus Atasi Kerusakan, Berusaha Dalam Pekan Ini Suplai Listrik Normal

listrik normal

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – PT PLN Batam terus berjibaku memperbaiki kerusakan sejumlah pembangkit listrik di Batam dan Bintan. PLN berjanji, pemadaman bergilir akan berakhir dalam pekan ini.

Direktur Utama PLN Batam Dadan Kurniadipura mengatakan, saat ini proses perbaikan tiga pembangkit besar PLN Batam yang rusak berurutan pada Maret lalu sudah hampir rampung. Sehingga suplai listrik di Batam dan Bintan akan kembali normal.

Loading...

“Pokoknya PLN Batam best effort (melakukan upaya terbaik) untuk mengatasi pemadaman ini. Itu komitmen kami, mudah-mudahan tanggal 5 Mei semua selesai,” kata Dadan usai bertemu dengan pengurus Himpunan Kawasan Industri (HKI) yang datang bersama sejumlah investor besar dari luar negeri di kantor bright PLN Batam, Selasa, 30 April 2019.

Menurut Dadan, pihaknya melakukan berbagai upaya agar persoalan pemadaman yang berlangsung sejak Maret tersebut segera teratasi.

“At all cost (bagaimanapun caranya), ini menjadi tanggung jawab kami,” kata Dadan lagi.

Dadan merinci, setelah Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Panaran, PLTU dan PLTGU di Tanjungkasam juga rusak dalam jarak yang berdekatan. Pihak PLN Batam melakukan berbagai upaya agar dampaknya tidak meluas.

Loading...

Manajemen bright PLN Batam langsung menghidupkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang selama ini tidak digunakan akibat tingginya Biaya Pokok Produksi (BPP).

“Dalam satu minggu kita keluarkan Rp 9 miliar untuk membeli solar,” beber Dadan.

Bahkan untuk meminimalisir pemadaman, bright PLN Batam juga membeli listrik sebesar 40 Megawatt (MW) dari pembangkit milik perusahaan Inggris.

“Kita sewa pembangkit dengan harga 58 ribu British poundsterling per minggu, itu kami lakukan untuk meminimalisir pemadaman ini,” ungkap Dadan lagi.

Dalam kesempatan itu, ia kembali menegaskan bahwa pemadaman bergilir yang selama ini dirasakan oleh pelanggan bright PLN Batam di luar rencana perusahaan. Kerusakan yang menimpa tiga pembangkit besar PLN Batam di luar perkiraan.

“Kami juga tak ingin ini terjadi.”

Menurut Dadan, sistem kelistrikan Batam sebetulnya memiliki cadangan daya sebesar 20 MW bila semua pembangkit tidak rusak.

“Sebetulnya kita reserve (memiliki cadangan daya) kalau sehat semua. Saat ini existing 470 MW, sedangkan beban puncak hanya 450 MW,” bebernya.

Sementara Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri OK Simatupang menyampaikan bahwa pertemuan dengan pihak manajemen bright PLN Batam memberikan gambaran dan harapan positif bagi para pelaku usaha yang selama ini resah karena rutinnya pemadaman bergilir.

“Meskipun gambaran itu tidak langsung terjadi besok, kita percaya terhadap PLN untuk membuat listrik tidak byarpet. Mudah-mudahan tanggal 5 Mei semuanya bisa teratasi,” katanya lagi. (kmg)

Loading...
Loading...