Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Queen Pengaruhi Jiwa Tokoh Musik Kontroversial Indonesia Ini

Minggu | 26 Mei 2019 | 0:46

MEDIAKEPRI.CO.ID – Ahmad Dhani, dengan nama lengkap Dhani Ahmad Prasetyo adalah seorang musisi rock dan pengusaha berkebangsaan Indonesia.

Lelaki kelahiran Surabaya, 26 Mei 1972 lalu ini merupakan pendiri dan pemimpin grup musik Dewa 19 yang merupakan salah satu band paling sukses sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an.

Dari darah seni yang mengalir dijiwanya, ia telah mencetak beragam karya yang berhasil mengorbitkan banyak penyanyi dan grup musik. Dhani juga merupakan pendiri dan pimpinan dari Republik Cinta Management.

Dhani dikenal sebagai tokoh yang kontroversial dan sering memancing pro dan kontra. Ia juga dikenal sebagai musisi dengan eksperimentasi musik dan lirik puitis yang mengutip kata-kata mutiara dari pujangga terkenal.

Majalah MTV Trax edisi perdana tahun 2002 menobatkan Dhani sebagai salah satu “25 Musisi/Grup Paling Berpengaruh dalam Musik Indonesia. Bahkan, Majalah Rolling Stone juga menempatkannya ke dalam daftar “The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa”

Ahmad Dhani adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pernikahan Eddy Abdul Manaf bin Rusta Sastra Atmadja yang merupakan seorang diplomat berdarah Sunda, asal Garut – Jawa Barat, dengan Joyce Theresia Pamela Kohler, seorang Indonesia keturunan Jerman.

Kakeknya, Jan Pieter Friederich Kohler adalah keturunan Jerman lahir di Hindia Belanda pada tahun 1883. Kakak tiri Dhani, Dadang S. Manaf adalah musisi Indonesia dan merupakan pengaruh besar pada minat musik Dhani sejak masa kecilnya.

Ayah Dhani membelikannya keyboard ketika ia masih muda dan membayar untuk les musik, sangat membujuk dia dan berharap bahwa Dhani akan unggul dalam hal musik klasik. Dia sangat terpengaruh oleh band rock Inggris Queen. (wikipedia.org)

Editor :