Kamis | 22 Oktober 2020 |
×

Pencarian

KUANSING

Tebing Sungai Batang Kuantan Longsor, Ancam Rumah dan Jalan Warga

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk Kuantan – Kondisi tebing di arena pacu jalur rayon H Sayidina Ali, Desa Bukit Pedudusan, Kecamatan Kuantan Mudik kondisinya memprihatinkan.

Tebing yang terus tergerus longsor, menjadi ancaman warga sekitarnya. Sekarang ini, banyak rumah warga yang berada di pinggir sungai teracam masuk ke Sungai Batang Kuantan.

Loading...

Tidak hanya rumah yang menjadi ancaman longsor tebing sungai tersebut, jalan semenisasi juga akan putus jika kondisi longsor ini masih tetap ‘terpelihara’.

Kondisi ini menjadi kekhawatiran warga sekitar. Untuk itu, masyarakat meminta perhatian dari pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk menyikapi kondisi yang terus menjadi ‘hantu’ bagi warga.

Seorang warga berinisial Al (28) mengatakan tebing sungai di Desa Bukit Pedusunan terus terjadi longsor. Kejadian ini terjadi setiap air Sungai Batang Kuantan pasang. Arus air sungai yang sangat deras, perlahan dan pasti menghatam tebing yang kerap menyebabkan terjadinya longsor.

Ditegaskannya, bila kondisi ini dibiarkan dan tidak ada perbaikan dengan pemasang turap atau tembok penahan, maka banyak rumah warga akan terperosot ke dalam sungai. Selain itu, tambahnya, menjadi ancaman hingga putusnya ruas jalan semenisasi yang berdekatan dengan areal lonsor ini.

Loading...

Al juga mengatakan setiap terjadi lonsor, ada pegawai pemerintah yang datang. Dan setiap datang tersebut, katanya, mereka mengambil foto tebing dan mengukurnya.

“Katanya mau bangun turap. Akan tetapi ini tidak ada realisasi, hingga sekarang masih begitu aja keadaan tebingnya,” katanya.

Al berharap perhatian dari Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan. Dan semoga, katanya, segeralah lakukan perbaikan sebelum semuanya terlambat.

“Apalagi ini daerah arena pacu jalur yang merupakan tradisi masyarakat Kuantan Singingi,” ujarnya menegaskan. (depriandi)

Loading...
Loading...