Selasa | 24 September 2019 |
×

Pencarian

KUANSING

Desa Lubuk Terentang Terus Gesa Pembangunan untuk Tingkatkan Percepatan Ekonomi Masyarakat

Sabtu | 29 Juni 2019 | 9:27

MEDIAKEPRI.CO.ID, Teluk Kuantan, – Kepala Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuansing, Ilyas terus bergegas untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di wilayahnya.

Kegiatan pembangunan yang dicanangkannya ini menggunakan anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) agar dapat memacu pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Untuk percepatan pembangunan ini dibantu perangkat Desa, Badan permusyawaratan Desa (BPD), Toko Masyarakat, Ninik mamak, dan pemuda pemudi.

Percepatan pembangunan dengan menggunakan anggaran desa dan alokasi dana desa ini merupakan kesepakatan dalam Musyawarah Desa (Musdes).

Adapun pembangunan dibidang infrastruktur yakni semenisasi di Dusun l (satu) dan dusun ll (dua). Untuk Dusun l sepanjang 166 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 0.15 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp. 97.898.350, dan dusun ll sepanjang 224 meter dengan lebar 2 meter dan tebal 0.15 meter dengan pagu anggaran sebesar Rp. 87.787.600 .

Lebih lanjut Ilyas menuturkan, pembangunan ruas jalan berupa semenisasi ini salah satu untuk menunjang setiap aktivitas ekonomi masyarakat.

Ya” Dengan Dibangunkan jalan semenisasi ini, maka masyarakat jadi lebih mudah dalam membawa hasil panen nya, Kalau transportasi sudah lancar sudah pasti perekonomian masyarakat bisa bangkit.” paparnya.

Ilyas menjelaskan, pemilihan lokasi sasaran pembangunan jalan di dua titik berbeda ini didasarkan pada kondisi ruas jalan yang memang begitu memprihatinkan.

Selain pembangunan jalan Semenisasi, Ilyas juga mengalokasikan dana desa untuk membangun satu Unit Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK) umum yang berlokasi di dusun satu dengan pagu anggaran sebesar Rp. 133.389.925

Tujuan dari pembangunan MCK umum tersebut adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Menurut Ilyas, MCK tersebut merupakan sarana yang menunjang kehidupan sosial, budaya serta kesehatan.

Kemudian, Pembuatan Bahu jalan kiri dan kanan yang membentang sepanjang 1300 meter, yang berlokasi di dusun l dan dusun ll.

Untuk dibidang pemberdayaan Ilyas juga telah mengalokasikan Dana Desa untuk kursus menjahit dan membatik. Karena dengan adanya kursus menjahit dan membatik ini, masyarakat akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

“Dengan adanya pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat dari Dana desa, alhamdulillah semua bisa menikmatinya. Dan saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan ke desa kami,” pungkas Ilyas. (depriandi)

Editor :