Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Jurado: Proses PPDB Tidak Murni Kesalahan Pemko Batam

MEDIAKEPRI.co.id, Batam – Banyaknya siswa usia sekolah yang tidak diterima di sekolah negeri dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi, tidak sepenuhnya kesalahan dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam saja.

Pendapat ini disampaikan oleh Anggota DPRD Kota Batam, Jurado Siburian kepada mediakepri.co.id, Minggu, 9 Juni 2019.

Loading...

Jurado mengatakan bahwa masyarakat Kota Batam seharusnya tidak boleh terlalu memaksakan kehendak untuk anak-anaknya bisa bersekolah di sekolah Negeri atau sekolah yang didirikan Pemerintah.

”Masih banyak sekolah-sekolah swasta yang bisa menjadi tempat untuk sekolah anak-anak kita. Kalau masyarakat dalam kategori marjinal maka itu resiko sendiri, jangan salahkan Pemerintah terus-menerus,” katanya.

Masih menurut Jurado, bahwa sistem zonasi merupakan aturan yang dibuat oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia.

“Aturan tersebut sudah sangat baik namun masih terdapat kendala disana-sininya,” kata Jurado.

Loading...

Dijelaskannya, kendala dalam aturan zonasi adalah jumlah penduduk dalam usia sekolah di Kota Batam tidak sebanding dengan Gedung sekolah milik Pemerintah.

“Pemko Batam bersama-sama tokoh masyarakat sudah memohonkan lahan untuk pembangunan Gedung sekolah kepada BP Batam, tetapi sampai sekarang lahan yang dimaksud belum dapat,” imbuhnya lagi.

Selain itu, Jurado juga menghimbau kepada panitia pelaksana PPDB tolong berlaku jujur sesuai aturan yang ada.

“Jangan ada bermain curang demi mendapatkan sejumlah rupiah, seperti halnya yang terjadi kepada Kepala Sekolah SMP 10 Batam yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli pada tahun 2018 silam,” tegas Jurado.

Jurado juga menambahkan panitia pelaksanaan jangan mau juga menerima anak peserta didik baru yang merupakan titipan pejabat di Kota Batam.

“Jika semua berjalan sesuai dengan aturan yang ada maka tidak akan terjadi lagi permasalahan-permasalah dalam PPDB pada tahun-tahun berikutnya,” tutupnya. (sal)

Loading...
Loading...