Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Anambas

ANAMBAS

Bupati Anambas Buka Kegiatan Bursa Inovasi Desa Cluster I

Minggu | 28 Juli 2019 | 21:45

Melalui Inovasi Desa, Kita Wujudkan Efektivitas dan Pemanfaatan Dana Desa

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Bupati Kepulauan Anambas membuka Bursa Inovasi Desa Cluster I di Gedung BPMS Terempa, Sabtu, 27 Juli 2019.

Pembukaan diawali dengan doa yang Nasharandi. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemukulan Gong, oleh sejumlah tamu undangan serta pemangku lainnya.

Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa. Selain itu, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas penggunaan Dana Desa, serta menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi penyelesaian masalah, hingga menjadi inisiatif dan alternatif kegiatan pembangunan Dana Desa yang efektif dan inovatif.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut tenaga ahli madya program inovasi desa Propinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Agama, Asisten I Kepulauan Anambas, dan lantamal, danramil, Kapolsek Siantan, Kaban Balitbangpeda, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas BP3, Camat serta Kepala Desa beserta unsur BPD Kabupaten Kepulauan Anambas.

Program inovasi desa bermula dari keinginan pemerintah pusat untuk memajukan desa-desa di seluruh Indonesia, dan merupakan langkah utama untuk membangun desa.

Total anggaran yang telah dikucurkan selama kurun waktu 5 tahun ini sebanyak Rp257 triliun yang dibagikan ke 74.957 Desa di seluruh Indonesia. Program ini merupakan wujud pemerintahan pusat untuk mengoptimalkan pembangunan Desa.

“Kegiatan ini merupakan momen yang sangat baik bagi rekan-rekan khusus nya kepala Desa. Gunakan potensi yang kita miliki. Libatkan elemen masyarakat setempat, mari kita gali cakrawala pikiran warga, jadikan ini inovasi untuk mengembangkan Desa. Manfaatkan pembaharuan yang di ciptakan pemerintah,” ujar Bupati Anambas Abdul Haris.

Dikatakannya, ia melihat rekan-rekan kepala desa masih terlalu fokus ke pembangunan semata, hingga melupakan inovasi yang ada.

Dengan adanya program ini. tambahnya, ia mengajak untuk wujudkan desa yang lebih mandiri efektivitas dan manfaatkan Dana Desa, sehingga menjadi desa yang berkembang maju dan melahirkan kontribusi sebagai pendapatan asli Desa (PAD).

“Hati-hati lah dalam penggunaan Dana Desa ini, gunakan seoptimal mungkin. Sebagai Akhir dari sambutan ini, saya ingin berpantun,

Sungguh indah kain sutra
Dipakai di waktu senja
Selamat melaksanakan inovasi Desa
S’moga Desa maju dan sejahtera.
(rofy)

Editor :