Selasa | 24 September 2019 |
×

Pencarian

KUANSING

Bupati Kuansing Buka Tradisi Tahunan, Pacu Jalur

Jumat | 05 Juli 2019 | 0:55

MEDIAKEPRI.CO.ID. Taluk Kuantan – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Mursini didampingi Kepala dinas (Kadis) Pariwisata Indra Suandy membuka secara resmi tradisi pacu jalur di rayon I, Kamis, 4 Juli 2019.

Acara dibuka ditepian Lubuk Sobea Baserah, Kecamaptan Kuantan Hilir Seberang, Kabupaten Kuansing dengan ditandai pemukulan Gong (Oguang).

Dalam acara ini turut dihadiri Camat Kuantan Hilir Seberang, Akhyan Armofis, Kapolsek Kuantan Hilir, Danramil Kuantan Hilir, ketua panitia dan ninik mamak.

Bupati Mursini menyampaikan apresiasinya kepada panitia Pacu Jalur Rayon I yang telah menyiapkan acara sejak dari awal, sehingga membuat Tepian Lubuk Sobea, Kuantan Hilir Seberang ini dipenuhi penonton.

Bupati mengatakan, pacu jalur di Kuansing tidak saja mengandung unsur olahraga semata, tetapi merupakan produk budaya dan karya seni masyarakat yang memiliki dan mengandung makna tersendiri, yang meliputi aspek seni ukir, seni tari dan artistik lainnya.

Selain dari itu, katanya lebih jauh, pacu jalur juga mengandung makna  filosofi gotong royong, musyawarah dan mufakat, serta rasa persatuan dan kesatuan yang telah diimplementasikan dalam langkah perbuatan, sifat dan sikap setiap insan di negeri ini.

“Pacu jalur ini merupakan kebanggaan kita bersama, saya mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik dan dapat memanfaatkan ini sebaiknya untuk peningkatan perekonomian masyarakat selama berlangsung pacu jalur,” ujar Bupati.

Bupati meminta masyarakat ikut membantu panitia dan petugas untuk menjaga keamanan selama acara pacu jalur berlansung.

“Saya berpesan kepada masyarakat atau penonton pacu jalur ini agar tidak membuang sampah di Sungai Kuantan, agar sungai tidak tercemar dengan kantong-kantong plastik,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Kuantan Hilir Seberang, mengatakan ajang Pacu Jalur Rayon I ini juga merupakan ajang silahturahmi antarmasyarakat Kabupaten Kuansing. 

“Kuantan Hilir Seberang baru menyelenggarakan pacu rayon baru dua kali, jadi kalau ada kekurangan saya panitia dan masyarakat Kuantan Hilir Seberang mengucapkan mohon maaf,”singkat camat. (depriandi)

Editor :