Senin | 23 September 2019 |
×

Pencarian

KUANSING

Hardimansyah Fokus Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Dana Desa

Rabu | 03 Juli 2019 | 11:32

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk Kuantan – Kepala Desa Seberang Gunung, Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Hardimansyah fokus dengan program meningkatan perekonomian masyarakat, baik di bidang Infrastruktur, maupun dibidang pemberdayaan melaui Dana Desa (DD).

Untuk di bidang pemberdayaan, Kades yang biasa dipanggil Ustad ini membuat program, seperti pelatihan menjahit, penggemukan sapi, kerambah apung, alat transportasi umum penyeberangan Sungai Kuantan (kompang penyeberangan), perkebunan masyarakat.

Di bidang pembangunan infrastruktur antara lain seperti pembangunan jalan usaha tani, pembangunan Gedung Paud dan Tanan Kanak Kanak (TK).

Hardimansyah mengatakan, beberapa program yang dibuat adalah peternakan sapi secara bergulir sebanyak 16 ekor induk sapi dan penyedian saran transfortasi air (kompang penyeberangan).

“Awal 2015 silam, kami menyerahkan 16 ekor induk sapi pada masyarakat. Setalah beranak, induknya dikembalikan ke pemerintahan desa, dan diserahkan lagi kapada masyarakat berikutnya,” singkat kades ketika diwawancarai wartawan di ruang kerjanya di kantor desa, Selasa, 2 Juli 2019 siang

Dikatakannya, pada tahun 2018 ada beberapa program yang dibuat, dibidang pemberdayaan seperti pengembang biakan sapi sebanyak 13 ekor dan pembuatan kerambah apung di Sungai Kuantan. Untuk di bidang infrastruktur, tambahnya, pembangunan jalan semenisasi usaha tani sepanjang 284 meter.

Kemudian, katanya lebih jauh, di tahun 2019 ini juga ada beberapa program di bidang pemberdayaan seperti pembuatan kebun sayur masyarakat, ternak ikan dan pelatihan menjahit, di bidang infrastruktur pembangunan Gedung pendidikan Anak Usia Dini (Paud).

Dari sekian banyak progam yang dibuat ini, semuanya bernaung dalam Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Maju Basamo. Desa Seberang Gunung.

“Semua program ini merupakan bukti nyata keseriusan kami selaku pemerimtahan desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutup kades. (depriandi)

Editor :