Selasa | 24 September 2019 |
×

Pencarian

KUANSING

Impian Kades Mudik Ulo Ingin Mensejahterakan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Sabtu | 20 Juli 2019 | 1:39

MEDIAKEPRI.CO.ID, Taluk kuantan – Menjadikan masyarakat desa yang sejahtera dan meningkatkan perekonomian masarakat merupakan impian Kepala desa (kades) Mudik Ulo, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Samhudi.

Demikian dikatakan hal ini saat wawancara bersama awak media, Jumat, 19 Juli 2019 di kediamannya.

Menurut Samhudi, tujuan ia menjadi Kades yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa baik di segi pembangunan maupun perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah sedikit demi sedikit impian ini mulai terwujud.” singkat kades.

Kades mengatakan semenjak dilantik sebagai kades Mudik Ulo beberapa tahun yang lalu, salah satu program unggulan yang dijalankan adalah meningkatkan perekonomian masyarakat.

Melalui Dana Dasa pemerintahan desa mengalokasikan anggaran untuk bantuan bibit kelapa sawit bagi masyarakat kurang mampu, pada tahun 2016 sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) mendapatkan 50 batang bibit sawit,

“Alhamdulillah sekarang sebanyak 20 KK ini sudah bisa menikmati hasil nya.” kata masudi

Pada tahun 2017 telah mencoba mengajukan proposal ke pemerintahan Kabupaten Kuansing melalui dinas pertanian, untuk minta bantuan bibit sawit. Dan permohonan terkabulkan, Desa Mudik Ulo mendapatkan 4.500 batang bibit sawit dan diberikan kepada masyarakat kurang mampu sebanyak 45 KK masing masing mendapatkan 100 Batang.

Di tahun 2018 yang lalu, pemerintahan desa juga mengalokasikan dana desa untuk pembelian bibit sawit bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 2000 batang, untuk 40 KK.

“Dari tahun 2016 sampai 2018, sebanyak 105 Kepala Keluarga kurang mampu sudah memiliki kebun kelapa sawit, alhamdulillah sebagian sudah ada yang mendapatkan hasil panen,” ungkap kades.

Kades juga menjelaskan selain dari bantuan bibit sawit, program yang lain juga kita jalankan melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa berupa bantuan bibit ikan dan pakan yang berangotakan sebanyak 7 orang, tidak terhenti disiru saja di bidang pembangunan infrastruktur, kita juga menganggarkan untuk pembangunan tembok penahan tanah (Turap) digedung Taman Kanak Kanak (TK) sepanjang 55 meter, lapangan bola polly, Jalan semenisasi penghubung desa tetangga sepanjang 125 meter, dan pembangunan Pamsimas ( penyediaan Air minum dan sanitasi berbasis masyarakat) satu unit perdusun.

Samhudi juga menjelaskan pelaksanaan semua program ini, merupakan hasil dari musyawarah Desa (Musdes),agar pembangunan di desa Mudik ulo tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. Tutup Samhudi. (depriandi)

Editor :