mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

PERISTIWA

Ini Pesan Presiden Joko Widodo saat Melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang Jadi Peserta Jambore Kepanduan Dunia

| Jumat | 19 Juli 2019 | 12:36 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang akan menjadi peserta 24th World Scout Jamboree atau Jambore Kepanduan Dunia XXIV di Virginia Barat, Amerika Serikat.

Jokowi -panggilan kondangnya- menyatakan, kontingen Indonesia akan menjadi duta bangsa dan negara dalam ajang internasional yang akan berlangsung pada 22 Juli hingga 2 Agustus 2019 itu.

Menurut Jokowi, jumlah anggota Gerakan Pramuka Indonesia mencapai 25 juta orang. Menurutnya, angka itu setara dengan setengah dari total anggota kepanduan di seluruh dunia.

“Oleh sebab itu, gerakan kepanduan Indonesia harus berperan aktif dalam aktivitas gerakan kepanduan sedunia. Karena sesuai slogannya, para pramuka menciptakan dunia yang lebih baik,” kata Jokowi saat melepas kontingen Indonesia di Istana Negara Jakarta, Jumat, 19 Juli 2019.

Presiden Ketujuh RI itu juga berpesan kepada kontingen Indonesia agar selama mengikuti Jambore Kepanduan Sedunia memberikan citra positif bagi seluruh peserta yang berasal dari berbagai negara.

“Saya berpesan ikuti seluruh rangkaian acara dengan dispilin agar dapat banyak pengetahuan baru, agar menambah pengalaman menambah wawasan,” pintanya.

Pada kesempatan sama Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso menjelaskan, kontingen RI yang akan ikut Jambore Kepanduan Dunia XXIV terdiri dari 80 orang.

Rinciannya adalah 67 peserta berusia 16 tahun sampai 17 tahun, ditambah para pimpinan kontingen dan pendamping.

Buwas -panggilan bekennya- memastikan kontingen RI telah siap mengikuti Jambore Kepanduan Dunia XXIV dan akan berangkat besok Saptu, 20 Juli 2019

“Di sana kontingen gerakan pramuka akan bergabung bersama 45 ribu peserta dari lebih 150 negara,” ucap Buwas.(***)

sumber: jpnn.com