Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

BINTAN

KIA Sudah Diberlakukan di Beberapa kecamatan, Ini yang Akan Dilakukan Camat Gunung Kijang

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bintan – Kecamatan Gunung Kijang dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada masyarakat.

Sosialisasi tersebut dilakukan karena Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bintan sudah mulai menerapkan pembuatan KIA di sepuluh kecamatan yang ada di Bintan.

Loading...

Camat Gunung Kijang, Arif Sumarsono menyampaikan, KIA di sejumlah kecamatan memang sudah diberlakukan dan karena itu perlu ada sosialisasi kepada masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini kita akan sosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mengurus KIA.

Karena pengurusan KIA kan melalui kecamatan,” ujar Arif Sumarsono, Kamis, 26 Juli 2019.

Adapun maksud dan tujuan sosialisasi diadakan adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai KIA kepada masyarakat di Kecamatan Gunung Kijang.

Loading...

“Tujuannya agar masyarakat mengetahui apa itu KIA dan bagaimana tata cara mengurus kartu identitas anak tersebut,” terang Arif Sumarsono.

Dia juga menjelaskan, KIA merupakan kartu identitas anak usia
0-17 tahun.

Kartu ini memiliki fungsi untuk berbagai urusan semisal sekolah, tabungan, hingga asuransi dan keperluan kependudukan lainya.

Pemerintah merencanakan seluruh anak usia 0 – 17 tahun nantinya bisa memiliki KIA sebagai kartu pengenal.

“Penerapan KIA ini merupakan kebijakan dari Kementrian Pusat, karena itu setiap Disdukcapil sudah mulai menerapkan penertiban KIA melalui tiap kecamatan,” pungkas Arif Sumarsono. (***)

Loading...
Loading...