Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Kuansing

KUANSING

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Kades: Realisasikan APBDes di Bidang Infrastruktur

Rabu | 31 Juli 2019 | 8:58

MEDIAKEPRI.CO.ID. Taluk Kuantan – Pemerintah Desa Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pihak desa melakukan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana falilitas umum dari realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) setiap tahun.

Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Pisang Berebus, Hendra mengatakan pengalokasian APBDes di bidang infrastruktur tersebut adalah sala satu bentuk upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk Tahun ini, kita akan merealisasikan sejumlah pembangunan Infrastruktur seperti jalan semenisasi pemukiman masyarakat sebanyak 5 titik, dan drainase satu titik,” ujar Hendra kepada media di kantornya, Selasa, 30 juli 2019.

Dikatakannya pembangunan dibidang infrastruktur yang direalisasikan pada tahun ini diantaranya adalah pembangunan jalan semenisasi permukiman masyarakat sepanjang 285 meter, yang berlokasi di Dusun Dua.

Kemudian di titik kedua, masih di Dusun Dua yaitu pembangunan jalan semensasi sepanjang 57 meter, lebar 2 meter,

Selanjutnya untuk di Dusun Tiga, juga membangun jalan semensasi sepanjang 134 meter.

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, tidak hanya di dua dusun ini, akan tetapi pembangunan infrastruktur juga dilakukan secara merata di setiap dusun yang memang membutuhkan.

“Kita merealisasikan program pembangunan Infrastruktur sesuai dengan kebutuhan masyarakat, berdasarkan hasil keputusan musyawarah desa, supaya masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya”, ucap Hendra yang didampingi sekretaris desa, Firdaus

Pj Kades Pisang berebus tersebut juga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan pemukiman dan usaha tani yang berada di dusun satu, dengan panjang 206 meter, dan lebar 3 meter, pembangunan Jalan Semenisasi juga dibangun di antara dusun 2 dan dusun 3, yang panjangnya 315 meter, sementara lebar 3 meter,

Selain jalan Semensasi, Pemerintah desa Pisang berebus juga merealisasikan pembangunan Drainase sepanjang 77 meter, yang terletak di dusun satu.

“Pembangunan drainase tersebut juga masuk dalam usulan yang Perioritas tahun ini. Masyarakat menginginkan drainase tersebut secepatnya dibangun, pasalnya setiap kali terjadinya hujan, air yang ada disekitar permukiman akan menggenangi rumah masyarakat”, ungkap Hendra

Sementara itu, Untuk Program dibidang pemberdayaan, Pemerintah desa Pisang berebus, lebih memperhatikan kepada peningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Seperti mengadakan Pelatihan Membatik.

Dengan keahlian yang dimiliki masyarakat nantinya, otomatis masyarakat akan dapat menciptakan lapangan kerja, Sehingga ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi. (depeiandi)

Editor :