Senin | 23 September 2019 |
×

Pencarian

BATAM

Via Seminar HIPMI, Candra Ibrahim: Semua Bisa Jadi Pengusaha

Sabtu | 20 Juli 2019 | 19:41

BATAM (BP) – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri Candra Ibrahim, berkesempatan menjadi pembicara dalam kuliah umum dan seminar nasional bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Auditorium Uniba, Sabtu, 20 Juli 2019.

Candra menggaungkan semangat untuk berani menjadi pengusaha. “Semua bisa jadi entrepreneur (pengusaha),” ucap Candra, yang menjadi tema materinya kala itu.

Dihadapan para peserta yang didominasi para mahasiswa ini, ia menjelaskan bahwa seseorang yang melakukan kegiatan berwirausaha, secara umum disebut pengusaha. Mereka memiliki ciri-ciri mendasar yang melekat dengan kemampuan untuk mengenali suatu kondisi yang menguntungkan, jeli mencari peluang, tahu bagaimana membuat perencanaan pemasaran dan mengatur modal, serta memiliki perhitungan kesuksesan pasar.

“Selanjutnya, tergantung dengan style dan niatnya masing-masing. Ingin menjadi pengusaha apa Anda? Dalam jenisnya ada social entrepreneur, lifestyle entrepreneur, amateur entrepreneur, dan profesional entrepreneur,” ujarnya.

Direktur Utama Batam Pos itupun menegaskan dengan 10 hal yang menjadi peluang untuk jadi pengusaha. Yakni punya mimpi besar, pandai mengatasi ketakutan, punya cara pandang berbeda, pemasar sejati, tekad, selalu mencari yang terbaik, menyukai tantangan, disiplin, berjiwa pemimpin, dan tidak kenal menyerah.

“Peluang ini akan lebih mudah jika 10 hal itu mulai ditanamkan sejak usia muda,” kata Candra.

Menurutnya, semua orang mampu menjadi entrepreneur sebab manusia mengenal teori evolusi. Dapat menyesuaikan dengan lingkungan dengan tantangan yang dihadapinya. Akan tetapi, tidak semua orang mau melakukan itu.

“Maka, berbanggalah Anda yang muda-muda ini, berani memulai sesuatu yang luar biasa hari ini, menjadi bos bagi diri sendiri dan bercita-cita untuk mempekerjakan orang lain,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, kuliah umum dan seminar nasional bersama Hipmi tersebut turut membawa pembicara dari Senior Hipmi DR.H.Hardi Selamat Hood, dan CEO di 55 perusahaan yang juga mantan Bupati Tanahbumbu, Kalimantan Selatan selama dua periode, Mardani H Maming.

Kegiatan yang dibuka Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad itu, dilanjutkan dengan debat calon ketua umum (Caketum) untuk BPP Hipmi periode 2019-2022, sebagai rangkaian dari Munas Hipmi XVI (ke-16). (r/eddy)

Editor :