Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

NATUNA

APBD Perubahan Natuna TA 2019 Disahkan Rp. 1,313 Triliun

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna menggelar rapat Paripurna, dengan agenda penyampaian pendapat Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Rancangan APBD Perubahan Anggaran 2019, di Gedung DPRD Natuna, Senin 26 Agustus 2019, malam.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, Wakil Bupati, Ngesti Yuni Suprapti, Sekda Natuna, Wan Siswandi, beserta para pimpinan OPD, para Anggota DPRD Natuna, pimpinan FKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta para tamu undangan lainnya.

Loading...
Bupati menyerahkan Buku Rancangan Perubahan APBD 2019 ke Wakil Ketua DPRD Natuna

Berdasarkan rancangan APBD-P Natuna tahun anggaran 2019 yang telah dibahas oleh Badan Anggaran, terdapat kenaikan atau penambahan pendapatan daerah sebesar Rp 178,20 milyar. Sehingga pada pembahasan APBD-P tahun ini, dapat ditetapkan menjadi Rp 1,313 Triliun.

Pasalnya pada saat penetapan APBD murni Natuna tahun anggaran 2019 pada bulan November tahun 2018 lalu, hanya disepakati sebesar Rp 1,135 triliun.

Salah satu penambahannya diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) Natuna sebesar Rp 43,22 milyar. Yang sebelumnya hanya dianggarkan sebesar Rp 55,57 milyar. Namun pada pembahasan APBD-P tahun anggaran 2019 ini, naik menjadi Rp 99,80 milyar.

Suasana Rapat Paripurna di DPRD Natuna

Selain dari PAD, kenaikan yang paling signifikan berasal dari dana perimbangan, yang mengalami kenaikan mencapai Rp 122,65 milyar. Dari yang sebelumnya hanya Rp 910 milyar, kini naik menjadi Rp 1,03 triliun.

Loading...

Lalu, lain-lain pendapatan yang sah juga mengalami peningkatan sekitar 18,68 persen, atau naik sebesar Rp 12,32 milyar. Sehingga secara total mengalami kenaikan sebesar Rp 178,20 milyar.

Diakhir sidang, Hadi Candra menyebutkan, bahwa Ranperda APBD-P Natuna 2019 tersebut nantinya akan diserahkan kepada Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), untuk selanjutnya disahkan menjadi Perda.

Hadi Candra mewakili seluruh Anggota Dewan periode 2014-2019, juga menyampaiakan terimakasih dan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat, Pemerintah dan sejumlah lembaga lainnya, atas masa jabatan mereka yang bakal berakhir diakhir tahun ini.

Anggota DPRD Natuna saat mengikuti jalannya Rapat Paripurna

“Ini mungkin akan menjadi sidang terakhir bagi kami. Untuk itu kami mohon maaf, jika selama bekerja terjadi kesalahan dan kekhilafan, baik disengaja maupun tak disengaja. Terimakasih juga kepada masyarakat, yang telah memberikan amanah kepada kami selama ini,” ungkap Hadi Candra, seraya menutup sidang. (alfian)

Loading...
Loading...