mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

RILIS

Bhabinkamtibmas Harus Dekat dengan Masyarakat

| Kamis | 08 Agustus 2019 | 20:39 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Bhabinkamtibmas harus dekat dengan masyarakat. Bila perlu dapat menjadi tempat ‘curhat’ masyarakat. Hal tersebut disampaikan Dir Binmas Polda Kepri, Kombes Pol Drs.

Bambang Sigit Priyono, M.Si pada Pelatihan Kemampuan Bhabinkamtibmas di Tanjungpinang, Kamis, 8 Agustus 2019.

“Bhabin itu harus dekat dengan masyarakat. Kalau perlu Bhabin itu datang ke acara rapat-rapat warga. Tanyakan mereka ada kesulitan apa. Kalau masyarakat bisa menceritakan permasalahan di sekitar mereka, itu bagus sekali,” sebut Sigit.

Karena itu anggota Bhabinkamtibmas harus memiliki kemampuan berkomunikasi. Sigit mendorong anggotanya untuk berani bicara di muka umum. Para peserta pelatihan diminta menjawab atau memberikan pertanyaan. Siapa yang berani bicara, diberi hadiah.

Untuk menunjang kemampuan komunikasi anggota Bhabinkamtibmas, Dir Binmas Polda Kepri menggandeng Dinas Kominfo Kepri.

“Sekarang ini kita sedang memerangi hoax atau berita bohong. Di Polri ada turn back hoax dan di Kementerian Kominfo juga ada, yang tugasnya men-take down berita-berita hoax itu,” ujar Iskandar Zulkarnaen, S.IP, M.Phil, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Kepri.

Iskandar berharap anggota Bhabinkamtibmas dapat menjadi garda depan, dalam pemberantasan berita bohong. Terutama dengan menggandeng kaum milenial, yang ada di lingkungan masing-masing. “Ajak anak-anak muda ini membentuk komunitas. Kita dekati dan rangkul mereka. Pasti mereka senang,” sebut Iskandar.

Pelatihan bagi 70 orang anggota Bhabinkamtibmas Poles Tanjungpinang dan Polres Bintan ini, juga menghadirkan Eko Nurisman, SH, MH, Dosen Universitas Internasional Batam sebagai narasumber.