Kamis | 24 Oktober 2019 |
×

Pencarian

RILIS

Desak Pembentukan FKDM Batam, FKDM Kepri Sambangi Kesbang Kota dan BINDA

Selasa | 27 Agustus 2019 | 18:51

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Rombongan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Kepri menyambangi kantor Kesbangpol Kota Batam, Selasa, 27 Agustus 2019.

Kunjungan FKDM yang dipimpin Ridarman Bay ini disambut Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam Yazid di gedung bersama Kesbangpol, Batamcenter.

Menurut Ridarman, kunjungan kerja tersebut selain memperkenalkan pengurus dan anggota FKDM Provinsi Kepri juga mendorong agar Kesbangpol Kota Batam cepat membentuk FKDM di daerah setempat karena kebutuhan akan FKDM di Batam sudah mendesak hingga akan cepat terasa menfaatnya bagi daerah.

“Kami berharap FKDM di Batam bisa dibentuk secepatnya sampai ke kecamatan-kecamatan bahkan kalau bisa sampai tingkat kelurahan.

Apalagi ini amanat Kepmemdagri. FKDM sudah sangat diperlukan karena Kota Batam penduduknya lebih padat dengan tingkat permasalahan sosial yang lebih kompleks,” kata Ridarman Bay.

Sementara itu, Edward Mandala, Wakil Ketua FKDM Kepri juga menyebut, sebagai organisasi yang diamanatkan oleh Permendagri dan di-SK-kan oleh kepala daerah, FKDM sangat diperlukan daerah untuk menginventarisir permasalahan sosial yang ada di masyarakat hingga setiap permasalahan bisa dicarikan jalan keluarnya lebih cepat dan tidak berlarut-larut.

“Masyarakat tentu membutuhkan kenyamanan dan keamanan, hingga potensi-potensi ancaman tantangan hambatan dan gangguan bisa diantisipasi lebih dini. Tidak hanya untuk mencegah kejahatan dan radikalisme, juga untuk menginventarisir kebutuhan-kebutuhan pembangunan infrastuktur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap temuan FKDM ini dilaporkan ke kepala daerah melalui Kesbangpol di daerah masing masin,” sebutnya.

Setelah beraudiensi dengan Kesbangpol Kota Batam, rombongan pengurus FKDM provinsi ini langsung beraudiensi ke kantor BIN Daerah Kepri.

Kabagops BIN Daerah Kepri Kol (L) Dr. Yanuar mengapresiasi kunjungan FKDM Kepri. Menurutnya, keberadaan FKDM sangat membantu pihak intelijen dalam mencegah potensi ancaman tantangan hambatan gangguan di masyarakat.

Termasuk masalah sosial di masyarakat. Dengan adanya FKDM, tentu setiap kepala daerah akan merasa terbantu karena akan mendapat laporan lapangan tentang kondisi yang terjadi di masyarakat.

Termasuk dalam Perencanaan pembangunan hingga diketahui pembangunan yang mana yang menjadi prioritas daerah sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Yanuar.

Usai kunjungan itu Ketua FKDM Kepri menyerahkan cenderamata dan pihak BIN Daerah Kepri memberikan buku karya Budi Gunawan yang berjudul “Kebohongan di Dunia Maya.

Selain Ridarman Bay selalu ketua dan Edward Mandala sebagai Wakil Ketua tampak juga ada pengurus FKDM lainya yang hadir seperti Djon Anton dan Mutaqim. (r/ramadhani)

Editor :