Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Diklat Capaska, Syahrul : Disiplin Kunci Kesuksesan

Jumat | 16 Agustus 2019 | 11:27

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Tanjungpinang tahun 2019 mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan dengan narasumber Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd di Hotel Comforta Tanjungpinang, Rabu, 14 Agustus 2019.

Dalam Diklat ini, Syahrul menyampaikan materi dengan judul “Peran Pemuda Terhadap Peningkatan Semangat Patriotisme dan Kebangsaan Menuju Pembangunan Kota Tanjungpinang”. Selain menyampaikan materi, Walikota yang akrab disapa Ayah Syahrul memberikan motivasi kepada para Capaska untuk terus bersemangat dalam menjalankan aktivitas apapun terutama dalam belajar.

Sebanyak 34 Capaska Kota Tanjungpinang, yang terdiri atas 17 putra dan 17 putri ini mengikuti dengan penuh antusias memperhatikan materi yang disampaikan oleh Ayah Syahrul.

Ayah Syahrul menyampaikan kesuksesan bukan merupakan warisan yang berasal dari orangtua, juga bukan sebagai hadiah ulang tahun. Kesuksesan tidak akan datang begitu saja. Sukses diraih melalui proses yang panjang dan membutuhkan waktu, strategi, usaha, keinginan yang kuat, pengorbanan yang tidak mudah, dan yang terpenting kita harus fokus. Sebenarnya kesuksesan merupakan upaya yang dilakukan untuk membangun sebuah kebiasaan. Kebiasaan yang tidak dilakukan oleh orang-orang yang menganggap dirinya selalu gagal.

“Orang yang sukses tidak pernah menunggu keberuntungan atau kesempatan mendatanginya, tapi kesuksesan itu harus diciptakan, ia tidak mengenal kata menyerah, selalu berusaha untuk meraih apa yang diinginkan dan selalu bersifat dinamis dengan perubahan yang ada,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ayah Syahrul juga mengatakan banyak hal yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan. Setiap orang pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam meraih kesuksesan.

“Secara umum, kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan seperti disiplin diri, pantang menyerah, berpikir positif, yakin pada diri sendiri, ulet, mempunyai komitmen, berani untuk melangkah, mensyukuri apa yang didapatkan, dan masih banyak kebiasaan lain yang dapat dilakukan,” imbuhnya.

Selain itu, para pemuda juga harus menjauhi narkona karena dapat menghancurkan masa depan generasi muda, khususnya para Capaska. “Narkoba dapat menjerat siapa saja, tidak dibatasi oleh usia, gender, atau profesi tertentu, mulai dari yang berada di jalanan sampai yang berada dikantoran, orang-orang biasa atau para pejabat semua bisa menjadi korban dari jeratan narkoba, untuk itu mari kita perangi narkoba yang dapat menghancurkan masa depan ananda semua,” jelasnya.

Dengan semangat tersebut, Syahrul menginginkan para Capaska yang merupakan pemuda untuk dapat mawas diri untuk menjauhi berbagai hal yang dapat merusak masa depan. “Pemuda harus memiliki etika dan moral yang baik, jadikan kebiasaan baik selama di karantina menjadi paskibra, menjadi kebiasaan juga di rumah, kedisiplinan dan keikhlasan harus dipertahankan, ananda semua harus mawas diri dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, pandai-pandailah menjaga diri dan memilah mana yang baik dan yang tidak,” harap Syahrul.

Diakhir pemaparan, Syahrul menyampaikan pesan kepada seluruh Capaska agar tetap berpegang teguh dengan semangat bela negara dan tetap perbanyak ibadah serta terus berdoa. “Kehidupan berbangsa bernegara untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, tetap jalankan perintah agama dan terus berdoa untuk kebaikan, siapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan,” tutupnya. 

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Kepemimpinan bagi Calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Tanjungpinang tahun 2019 ini turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Djasman, S.Sos,  Kabid Kepemudaan Dispora Kota Tanjungpinang, Hermawan dan seluruh pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tanjungpinang. (r/sal)

Editor :