Rabu | 20 November 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Batam

BATAM

Efek Berganda Hulu Migas, Berikan Kontribusi Nyata di Daerah Operasi

Kamis | 22 Agustus 2019 | 18:31

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Sebagai salah satu penggerak perekonomian Indonesia, selain menyumbang pendapatan negara, sektor hulu migas turut memberikan kontribusi dalam mendorong perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di daerah penghasilnya.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKSS) menggelar forum diskusi dengan tema “Kontribusi Sektor Hulu Migas Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah”. Kegiatan dilaksanakan di Radisson Golf & Convention Center Batam, Kamis, 22 Agustus 2019.

Loading...

Forum diskusi hulu migas ini digelar bukan hanya untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kontribusi sektor hulu migas bagi perekonomian daerah, tetapi juga untuk membangun sinergi agar bisa mengoptimalkan kontribusi tersebut di daerah-daerah penghasil migas. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Kehadiran industri hulu migas memberikan efek berganda (multiplier effect) terhadap perekonomian nasional dan regional, terlebih khususnya memberikan dampak di sekitar wilayah operasi hulu migas.

Kepala Perwakilan SKK Migas wilayah Sumbagut, Avicenia Darwis, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada para stakeholder serta instansi terkait yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir.

“Terima kasih atas kehadirannya. Diskusi yang kami gagas pada sat ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kontribusi ekonomi dari sektor hulu migas, khususnya di Provinsi Kepri,” ucapnya.

Dalam sesi diskusi panel, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Wilayah Kerja Non Konvensional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Doddy Pribadi memberikan gambaran umum kontribusi hulu migas terutama efek berganda yang berdampak pada industri nasional.

Loading...

Sementara itu, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Widi Santuso mengolaborasikan sistem optimalisasi kemampuan lokal pada kegiatan usaha hulu migas. Sedangkan Avicenia Darwis lebih menjelaskan kontribusi sektor hulu migas di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut).

Selanjutnya, Commercial Manager PT Saipem Indonesia, Budi Karnadi menyampaikan bagaimana Saipem menjadi bukti konkrit multiplier effect sektor hulu migas dengan meningkatkan perkembangan ekonomi dan sumber daya manusia nasional, khususnya di Kepri.

“Data Saipem menyebutkan proyek-proyek hulu migas sejak tahun 2016 hingga tahun 2018 membuka sebanyak 23.420 lowongan pekerjaan bagi tenaga kerja nasional termasuk didalamnya pekerja lokal,” pungkasnya. (sal)

Editor :

Loading...
Loading...