Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Festival Bandung Ulin 2019 Dapat Mengenalkan Anak-anak pada Permainan Zaman Dulu

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bandung – Pelaksanaan Harian Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, acara Festival Bandung Ulin 2019 diharapkan dapat mengenalkan kembali anak-anak era kini kepada permainan tradisional zaman dahulu yang mengandung nilai filosofis kebersamaan, tenggang rasa, solidaritas dan olahraga.

“Mudah mudahan ini kalau terus digulirkan, anak-anak kita punya waktu bermain dan bersosialisasi dengan temannya, tidak saja sibuk dengan gadget,” ujar Yana yang dikutip dari prfmnews.com, Rabu 28 Agustus 2019.

Loading...

Menurut Yana, permainan tradisional lebih baik daripada gadget, karena bisa sebagai sarana anak-anak bersosialisasi dengan temannya.

“Gadget itu nilai sosialisasinya kurang, tapi kalaui permainan seperti ini tidak bermain sendiri, minimal 2 orang, nah ini fungsinya bersosialisasi dengan temannya, itu filosofi yang penting di permainan kaulinan barudak,” katanya

Untuk diketahui, Festival Bandung Ulin 2019 bertempat di Lapang Sepak Bola Sidolig Jalan Jend. Ahmad Yani Bandung, Rabu 28 Agustus 2019 merupakan kegiatan untuk kali kedua dengan diikuti lebih dari 7000 orang peserta. Tahun sebelumnya, yang diselenggarakan di Arcamanik Sport Centre, Festival Ulin Bandung diikuti 4500.

Pada Festival Bandung Ulin 2019 tersebut, Plh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Kadisdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar, Kadisbudpar Kota Bandung Dewi Kania Sari serta unsur pejabat lainnya memainkan permaian Surser, Cingciripit dan Perepet Jengkol bersama 7000 lebih peserta hingga dianugerahi Rekor ORI (Original Rekor Indonesia).

Loading...

Selain menampilkan sejumlah permainan tradisional anak, Festival Bandung Ulin 2019 menampilkan tarian kolosal “Kangsreng” yang dibawakan 1000 orang lebih penari, juga kesenian singa depok (gotong singa) dan tarian kariaan barudak oleh SMPN 31, reak, pencak silat dan aneka kesenian tradisional Kota Bandung lainnya(***)

sumber: galamedianews.com

Loading...
Loading...